Page 20 - 28 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa : Rektorat dan Lembaga
P. 20

Pendahuluan                                                                                                                                                                                                               28 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa













                                                                              Dalam pelaksanaannya, UT menerapkan

                                                                              sistem operasional baru, yang ditujukan untuk
                                                                              meningkatkan fleksibilitas operasional, terutama
                                                                              bagi mahasiswa pada kurun waktu tahun 1986
                                                                              sampai dengan 1996. Untuk itu, sistem layanan

                                                                              mahasiswa UT pun didesentralisasikan ke UPBJJ-
                                                                              UT. Pelaksanaan tutorial juga memanfaatkan
                                                                              TVRI, RRI, dan penggunaan sistem pendidikan
                                                                              melalui satelit atau Sisdiksat. Secara intensif, UT

                                                                              mulai menggunakan dan mengembangkan
                                                                              teknologi komunikasi dan informasi, baik untuk
                                                                              pengembangan bahan ajar, manajemen maupun
                                                                              layanan mahasiswa. Di samping itu, UT juga

                                                                              berusaha meningkatkan kualitas penyelenggaraan
                                                                              dan memperbesar jumlah mahasiswa dengan
                                                                              cara melakukan kerja sama antarinstansi, misalnya
                                                                              dengan PT Telkom, Perum Pos dan Giro, serta

                                                                              Dikdasmen untuk program Pendidikan Guru
                                                                              Sekolah Dasar (PGSD). Melalui program kerja sama
                                                                              ini, kualitas layanan terhadap mahasiswa UT pun
                                                                              semakin ditingkatkan sehingga jumlah mahasiswa

                                                                              bertambah secara signifikan.












                  18                                                                                                                                                                                                                                                                19
   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25