Page 17 - 28 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa : Rektorat dan Lembaga
P. 17

Pendahuluan                                                                                                                                                                                                               28 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa













                                                                              UT didirikan dengan dasar Keputusan Presiden                                           media, (4) tersedianya komunikasi dua arah yang             jumlah besar secara serentak tanpa hambatan

                                                                              Nomor 41 Tahun 1984 tentang Pendirian                                                  interaktif, (5) terbatasnya proses pembelajaran di          oleh tempat tinggal, pekerjaan, usia, jumlah kelas,
                                                                              Universitas Terbuka. UT diresmikan oleh Presiden                                       kelas atau kelompok, (6) penerapan manajemen                jumlah dosen, dan sebagainya.  Aspek teknologi
                                                                              Soeharto  pada tanggal 4 September 1984 dengan                                         industri, serta (7) individualisasi proses                  dan perencanaan PTTJJ pun memiliki peran yang
                                                                              mandat (1) menampung calon mahasiswa                                                   pembelajaran.                                               sangat penting dalam keberhasilan pendidikan

                                                                              yang tidak lulus Sistem Penerimaan Mahasiswa                                                                                                       jarak jauh. Aktivitas PTTJJ didasari  adanya pola
                                                                              Baru (Sipenmaru), (2) meneruskan Proyek                                                Ada tiga prinsip yang harus dipenuhi secara                 interaktif dan komunikatif antara mahasiswa
                                                                              Pendidikan Guru melalui belajar jarak jauh, serta                                      konsisten untuk mendukung terselenggaranya                  dengan pihak lain seperti tutor, teman sejawat,
                                                                              (3) memberikan kesempatan lebih luas kepada                                            sistem PTTJJ, yaitu (1) otonomi dan kemandirian             atau nara sumber lain, baik melalui media maupun

                                                                              masyarakat yang telah bekerja untuk meneruskan                                         belajar, (2) prinsip manajemen industri, serta              tatap muka.
                                                                              pendidikannya di tingkat pendidikan tinggi. Sistem                                     (3) interaksi dan komunikasi. Otonomi dan
                                                                              operasi UT berbasis jaringan kerja sama dengan                                         kemandirian belajar menekankan peran
                                                                              lembaga lain, seperti dengan universitas negeri di                                     mahasiswa untuk belajar secara mandiri serta

                                                                              seluruh Indonesia, kantor pos, bank, dan lembaga                                       memberikan keleluasaan kepada mahasiswa
                                                                              lainnya. Pada awal berdirinya, UT melakukan uji                                        dalam memilih metode dan media belajar,
                                                                              coba berupa trial and error karena UT merupakan                                        sehingga mengurangi peran dosen maupun
                                                                              satu-satunya universitas di Indonesia yang                                             institusi. Bagi institusi, belajar mandiri berarti suatu

                                                                              menggunakan Sistem Belajar Jarak Jauh (SBJJ).                                          upaya mengorganisasikan pembelajaran sehingga
                                                                              Sistem operasional pada  Pendidikan  Tinggi                                            mahasiswa dapat melaksanakan proses belajarnya
                                                                              Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) seperti UT memiliki                                     dengan lancar. PTTJJ dilandasi oleh manajemen
                                                                              karakteristik khusus yang berbeda dengan                                               industri karena adanya persamaan yang mendasar

                                                                              perguruan tinggi biasa. Kekhususan ini misalnya                                        dengan struktur industri dalam hal rasionalisasi,
                                                                              pada (1) terpisahnya dosen dan mahasiswa selama                                        pembagian kerja, lini perakitan, produksi massa,
                                                                              proses pembelajaran, (2) peran penting institusi                                       persiapan kerja, berorientasi pada tujuan,
                                                                              dalam perencanaan dan pengembangan bahan                                               konsentrasi, dan sentralisasi. Dalam hal ini, institusi

                                                                              pembelajaran, (3) penggunaan berbagai macam                                            PTTJJ memungkinkan partisipasi mahasiswa dalam



                  14                                                                                                                                                                                                                                                                15
   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22