Page 105 - 28 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa : Rektorat dan Lembaga
P. 105

Pembantu Rektor III                                                                                                                                                                                                       28 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa













                  Waktu pun terus berjalan, hingga akhirnya ia                Dalam hal aktivitas pembelajaran di UT, Hasmonel                                       Saat ini UT sudah dapat memberikan layanan kepada WNI di seluruh pelosok tanah air  dan di negara-

                  mengajukan permohonan pindah tugas ke                       berpendapat bahwa proses belajar di UT                                                 negara yang terdapat banyak WNI-nya. Harapan yang masih ingin diwujudkan Hasmonel adalah
                  UT Pusat. Keinginan tersebut dapat terealisasi              merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi                                             memberikan layanan pendidikan bagi seluruh warga negara Indonesia di daerah-daerah perbatasan,
                  pada bulan Maret  tahun 1998. “Saya ingin sekali            mahasiswa. “Mahasiswa diwajibkan belajar secara                                        terluar, dan terpencil.
                  pindah ke  UT Pusat karena saya membayangkan                mandiri, hanya dengan bantuan bahan ajar yang

                  bahwa di UT Pusat, saya bisa punya kesempatan               sudah kita siapkan, dan mereka belum tentu
                  menulis modul. Selain itu, saya juga bisa lebih             bertemu secara langsung dengan dosen atau
                  mengembangkan potensi diri saya dalam                       teman lainnya. Mahasiswa hanya datang ke UPBJJ-
                  berbagai kegiatan positif di sini”, kata Hasmonel.          UT pada saat registrasi atau ujian. Itupun kalau

                  Namun  ada kebijakan baru, ia pun hanya memiliki            ujiannya diselenggarakan di UPBJJ-UT. Sebagian
                  kesempatan menulis modul sampai dengan tahun                dari mereka mungkin hanya akan datang lagi pada
                  2000.                                                       saat pengambilan ijazah”, ujar Hasmonel. Di balik
                                                                              itu semua, Hasmonel pun merasa kagum dengan

                  Sejalan dengan itu, perjalanan karier yang cepat,           cara kerja UT karena misi yang dibawa oleh UT
                  tidak menjadikan Hasmonel tinggi hati. Berawal              sangat mulia yaitu memberikan kesempatan
                  dari diangkatnya sebagai Ketua Program Studi                dan kemudahan kepada seluruh WNI yang tidak
                  DIII Perpajakan di FISIP pada 1999 dan Asisten PR           sempat kuliah di perguruan tinggi tatap muka,

                  IV tahun 2001 sampai dengan 2003, Hasmonel                  dan itu besar tantangannya. Sekarang, sedikit
                  diberi amanah untuk menduduki jabatan sebagai               demi sedikit misi tersebut mulai tercapai. Salah
                  Pembantu Rektor III UT  selama 2 (dua) periode,             satu bukti yang sudah ia rasakan adalah mulai
                  yaitu mulai bulan Juli 2003 sampai dengan 11 Juli           meningkatnyanya kualitas sumber daya manusia

                  2011.                                                       Indonesia di bidang pendidikan melalui jenjang
                                                                              pendidikan tinggi. “Siapapun dan di mana pun
                                                                              ia berada, kita sudah mampu menjangkaunya,
                                                                              dengan hak dan kewajiban yang sama”, ucapnya.






                  102                                                                                                                                                                                                                                                             103
   100   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110