Page 267 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 267
nya. Sehingga dalam konteks evaluasi diri, aspek TIK perlu
ditinjau sejauh manakah institusi tersebut telah memanfaat-
kannya serta usaha-usaha apa yang telah dilakukan untuk
mendorong pemanfaatannya.
Tantangan dan Peluang
Sebagaimana diungkap di atas, maka institusi yang mampu
memanfaatkan hasil perkembangan TIK akan berpeluang
meningkatkan daya saingnya. Salah satu manfaat yang diperoleh
dari perkembangan teknologi ini dalam bidang pendidikan
adalah peluang untuk menghadirkan aktivitas belajar yang
fleksibel dalam berbagai dimensi, yaitu: tempat belajar, waktu
belajar, cara berkomunikasi dengan nara sumber, fleksibilitas
dalam mencari sumber belajar, jenis media yang dipakai dalam
belajar (multimedia). Fleksibilitas semacam inilah yang mem-
buat batas antara pendidikan jarak jauh dan pendidikan tatap
muka dalam institusi yang telah mampu memanfaatkan tekno-
logi ini menjadi semakin kabur. Hal itu karena fleksibilitas
mempunyai daya tarik yang luar biasa dan hampir dikehendaki
oleh banyak individu sehingga institusi pendidikan yang mampu
menghadirkan fleksibilitas dalam kegiatan belajarnya akan
mempunyai daya saing atau daya tarik yang tinggi.
Tantangan akan semakin jelas apabila institusi-institusi
tersebut bukan hanya sekedar memanfaatkan TIK untuk pening-
katan efisiensi internal organisasinya melainkan sudah sampai
pada strategi peningkatan daya jangkau dan daya saing proses
pendidikannya yang tercermin dalam aturan-aturan akademis-
nya.
243