Page 267 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 267

nya.  Sehingga  dalam  konteks  evaluasi  diri,  aspek  TIK  perlu

                                             ditinjau  sejauh  manakah  institusi  tersebut  telah  memanfaat-
                                             kannya  serta  usaha-usaha  apa  yang  telah  dilakukan  untuk

                                             mendorong pemanfaatannya.


                                             Tantangan dan Peluang


                                                 Sebagaimana  diungkap  di  atas,  maka  institusi  yang  mampu
                                             memanfaatkan  hasil  perkembangan  TIK  akan  berpeluang

                                             meningkatkan daya saingnya. Salah satu manfaat yang diperoleh
                                             dari  perkembangan  teknologi  ini  dalam  bidang  pendidikan

                                             adalah  peluang  untuk  menghadirkan  aktivitas  belajar  yang
                                             fleksibel  dalam  berbagai  dimensi,  yaitu:  tempat  belajar,  waktu

                                             belajar,  cara  berkomunikasi  dengan  nara  sumber,  fleksibilitas
                                             dalam  mencari  sumber  belajar,  jenis  media  yang  dipakai  dalam

                                             belajar  (multimedia).  Fleksibilitas  semacam  inilah  yang  mem-
                                             buat  batas  antara  pendidikan  jarak  jauh  dan  pendidikan  tatap

                                             muka  dalam  institusi  yang  telah  mampu  memanfaatkan  tekno-
                                             logi  ini  menjadi  semakin  kabur.  Hal  itu  karena  fleksibilitas

                                             mempunyai  daya  tarik  yang  luar  biasa  dan  hampir  dikehendaki
                                             oleh banyak individu sehingga institusi pendidikan yang mampu

                                             menghadirkan  fleksibilitas  dalam  kegiatan  belajarnya  akan
                                             mempunyai daya saing atau daya tarik yang tinggi.

                                                 Tantangan  akan  semakin  jelas  apabila  institusi-institusi
                                             tersebut bukan hanya sekedar memanfaatkan TIK untuk pening-

                                             katan  efisiensi  internal  organisasinya  melainkan  sudah  sampai
                                             pada  strategi  peningkatan  daya  jangkau  dan  daya  saing  proses

                                             pendidikannya  yang  tercermin  dalam  aturan-aturan  akademis-
                                             nya.



                                                                                                                    243
   262   263   264   265   266   267   268   269   270   271   272