Page 136 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 136

garakan  tutorial.  UPBJJ  diberi  kebebasan  dalam  menentukan

                                             modus  tutorial  yang  akan  diselenggarakan.  UPBJJ  yang  ingin
                                             mendapatkan  bantuan  dana  tersebut    harus  membuat  proposal

                                             dan  mengajukannya  ke  Pembantu  Rektor  I  (pembantu  rektor
                                             bidang  akademik)  dan  kemudian  proposal  tersebut  ditelaah

                                             oleh  Pembantu  Rektor  III  (yang  ditugaskan  oleh  Rektor  untuk
                                             membantu  Purek  I).  Hasil  telaah  dijadikan  bahan  pertimbangan

                                             dalam  menentukan  UPBJJ  yang  layak  mendapatkan  bantuan
                                             dana tutorial (Wardani, 2003).

                                                 Pada  tahun  1999  tercatat  13  UPBJJ  yang  menyelenggarakan
                                             tutorial  dengan  subsidi  dari  UT  Pusat,  sedangkan  pada  tahun

                                             2000,  jumlah  itu  meningkat  menjadi  18  UPBJJ  (12  UPBJJ
                                             menyelenggarakan  tutorial  tatap  muka,  2  UPBJJ  menyeleng-

                                             garakan  tutorial  tertulis  dan  4  UPBJJ  menyelenggarakan  tutorial
                                             radio).  Pada  semester  2001.1  jumlah  UPBJJ  yang  menyeleng-

                                             garakan  tutorial  tatap  muka  meningkat  lagi  menjadi  21  UPBJJ
                                             dengan  bantuan  biaya  bervariasi  antara  2  juta  rupiah  sampai

                                             dengan 4 juta rupiah.
                                                 Dalam  upaya  menggalakkan  pelaksanaan  tutorial  di  UPBJJ

                                             dari  tahun  1999-2000,  terlihat  bahwa  tutorial  tatap  muka
                                             tampaknya  merupakan  modus  yang  paling  diminati  oleh  maha-

                                             siswa.  Hal  ini  tercermin  dari  banyaknya  jumlah  UPBJJ  yang
                                             menyelenggarakan  tutorial  tatap  muka  dibandingkan  dengan

                                             modus tutorial lainnya. Kebiasaan belajar mahasiswa yang lebih
                                             banyak  mengandalkan  pertemuan  tatap  muka  mungkin  menjadi

                                             salah  satu  penyebab  mengapa  tutorial  tatap  muka  paling
                                             diminati  (Wardani,  2003).  Selain  itu,  dalam  tutorial  tatap  muka

                                             mahasiswa juga dapat berinteraksi secara langsung dengan tutor
                                             atau  mahasiswa  lainnya,  dapat  mengemukakan  pendapatnya



                                                                                                                    113
   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141