Page 134 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 134

Meskipun  mahasiswa  dituntut  untuk  dapat  belajar  mandiri,

                                             penyelenggara  pendidikan  jarak  jauh  tidak  dapat  melepaskan
                                             diri  begitu  saja  dari  kewajibannya  untuk  menyediakan  layanan

                                             bantuan  belajar  bagi  mahasiswa.  Hal  ini  disebabkan  oleh
                                             karakteristik  mahasiswa  yang  sangat  bervariasi,  baik  dari  segi

                                             usia,  tingkat  pendidikan,  maupun  kesiapan  dan  kemampuannya
                                             untuk  belajar  mandiri.  Oleh  karena  itu,  penyelenggara  pendi-

                                             dikan  jarak  jauh  wajib  menyediakan  layanan  bantuan  belajar,
                                             walaupun  mahasiswa  yang  berminat  memanfaatkan  layanan

                                             tersebut tidak banyak.
                                                 Dalam  arti  luas,  layanan  bantuan  belajar  adalah  segala

                                             bentuk  bantuan  yang  diberikan  kepada  mahasiswa  agar  proses
                                             studi  mereka  lancar  mulai    saat  registrasi,  pada  saat  proses

                                             belajar,  pada  saat  ujian  bahkan  pada  saat  selesai  ujian.  Adapun
                                                                                 dalam  arti  sempit,  layanan  ban-

                                                                                 tuan belajar adalah layanan yang
                                                                                 diberikan  penyelenggara  pendi-

                                                                                 dikan     kepada      mahasiswanya
                                                                                 dalam  mempelajari  materi  ajar

                                                                                 atau  pada  saat  proses  belajar
                                                                                 berlangsung  (Belawati,  2000).

                                                                                 Pengertian  yang  terakhir  ini
                                                                                 lebih  dikenal  dengan  istilah

                                                                                 tutorial.  Dalam  pendidikan  jarak
                                                                                 jauh,  tutorial  dapat  dilaku-kan

     Tiga  jenis cara belajar Mahasiswa      baik  secara  tatap  muka  maupun  jarak  jauh  dengan  meng-
     UT yang saling berbeda
                                             gunakan berbagai jenis media.

                                                 Tutorial  tatap  muka  adalah  bantuan  belajar  yang  ditandai
                                             dengan  adanya  pertemuan  tatap  muka  antara  tutor  dengan



                                                                                                                    111
   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138   139