Page 134 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 134
Meskipun mahasiswa dituntut untuk dapat belajar mandiri,
penyelenggara pendidikan jarak jauh tidak dapat melepaskan
diri begitu saja dari kewajibannya untuk menyediakan layanan
bantuan belajar bagi mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh
karakteristik mahasiswa yang sangat bervariasi, baik dari segi
usia, tingkat pendidikan, maupun kesiapan dan kemampuannya
untuk belajar mandiri. Oleh karena itu, penyelenggara pendi-
dikan jarak jauh wajib menyediakan layanan bantuan belajar,
walaupun mahasiswa yang berminat memanfaatkan layanan
tersebut tidak banyak.
Dalam arti luas, layanan bantuan belajar adalah segala
bentuk bantuan yang diberikan kepada mahasiswa agar proses
studi mereka lancar mulai saat registrasi, pada saat proses
belajar, pada saat ujian bahkan pada saat selesai ujian. Adapun
dalam arti sempit, layanan ban-
tuan belajar adalah layanan yang
diberikan penyelenggara pendi-
dikan kepada mahasiswanya
dalam mempelajari materi ajar
atau pada saat proses belajar
berlangsung (Belawati, 2000).
Pengertian yang terakhir ini
lebih dikenal dengan istilah
tutorial. Dalam pendidikan jarak
jauh, tutorial dapat dilaku-kan
Tiga jenis cara belajar Mahasiswa baik secara tatap muka maupun jarak jauh dengan meng-
UT yang saling berbeda
gunakan berbagai jenis media.
Tutorial tatap muka adalah bantuan belajar yang ditandai
dengan adanya pertemuan tatap muka antara tutor dengan
111