Page 69 - Nyala Daya Juang Para Guru Bangsa : Kisah Inspiratif Mahasiswa FKIP UT Seri 2
P. 69
untuk membaca. Sekolah pun menjadi tempat yang menyenangkan bagi
siswa untuk belajar dan mengembangkan minat baca. Keterlibatan orang
tua dalam membacakan cerita sebelum tidur atau mengajak anak
mengunjungi perpustakaan semakin memperkaya pengalaman
membaca mereka. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa anak yang
sering membaca nyaring cenderung memiliki kosakata yang lebih luas
dan kemampuan bahasa yang lebih baik serta dapat memperkuat ikatan
keluarga.
Perpustakaan bukan hanya tempat menyimpan buku, tapi juga
tempat tumbuhnya imajinasi. Revitalisasi pojok baca dan kegiatan
nonton bersama telah mengubah cara siswa belajar. Mereka tidak hanya
membaca buku, tapi juga menikmati film edukatif. Kegiatan ini membuat
belajar jadi lebih menyenangkan dan membuka jendela dunia baru bagi
mereka. Kolaborasi antara sekolah dan mahasiswa program Kampus
Mengajar dalam revitalisasi pojok baca sangat sukses. Hanun tidak hanya
membantu mengelola perpustakaan, tapi juga merancang kegiatan
yang menarik bagi siswa. Sekolah pun menjadi lebih hidup dan menarik
bagi siswa. Revitalisasi pojok baca dan kegiatan nonton bersama telah
mengubah wajah perpustakaan sekolah. Dengan adanya kegiatan yang
menarik, siswa semakin tertarik untuk membaca dan belajar. Kolaborasi
dengan mahasiswa Kampus Mengajar membuat kegiatan ini semakin
variatif. Keterlibatan orang tua pun semakin memperkuat dampak positif
dari program ini. Faktanya, sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang
sering mengunjungi perpustakaan memiliki tingkat stres yang lebih
rendah dan lebih kreatif.
Program Time to Time,
English Clinic, dan English Day
telah mengubah cara siswa belajar
bahasa Inggris. Dengan media
pembelajaran interaktif dan kegiatan
yang menyenangkan, siswa jadi lebih
mudah memahami dan menguasai
bahasa asing. Kolaborasi antara
sekolah dan mahasiswa program
Kampus Mengajar dalam program Gambar 4. Program MBKM di
Time to Time dan English Day sangat SDN 021 Galang
Dari Balik Layar : Jejak Langkah Mahasiswa Kampus Mengajar 57