Page 67 - Nyala Daya Juang Para Guru Bangsa : Kisah Inspiratif Mahasiswa FKIP UT Seri 2
P. 67
pesan yang inspiratif, poster-poster ini dapat ditemukan di berbagai
sudut sekolah. Tema beragam yakni poster-poster yang dibuat memiliki
tema yang beragam, mulai dari tokoh penulis terkenal, rekomendasi
buku bacaan, kutipan inspiratif tentang membaca, hingga ilustrasi
menarik yang berkaitan dengan dunia buku. Hanun berhasil mengajak
siswa terlibat untuk berpartisipasi dalam membuat poster. Mereka dapat
menggambar, menulis kalimat inspiratif, atau bahkan mendesain poster
secara digital. Penempatan strategis pada Poster-poster dipajang di
tempat-tempat yang sering dilalui siswa, seperti perpustakaan, ruang
kelas, kantin, dan lorong sekolah.
Program Mading (majalah dinding) membuka Jendela Kreativitas
Siswa. Mading menjadi wadah bagi siswa untuk mengekspresikan
kreativitas mereka dalam bentuk tulisan dan gambar. Konten variatif:
Mading berisi berbagai konten menarik, seperti cerita pendek, puisi,
resensi buku, komik, hasil karya seni, dan informasi terkini seputar dunia
literasi. Rubrik mading biasanya memiliki rubrik-rubrik tetap, seperti
sudut penulis muda, sudut puisi, sudut resensi buku, dan sudut informasi.
Hanun dan siswa memperbarui Mading secara berkala agar selalu
menarik dan tidak membosankan.
Festival Literasi dan Numerasi Gema Raya merupakan acara puncak
yang menyarikan seluruh elemen sekolah dalam satu perayaan besar.
Acara ini bertujuan untuk merayakan keberhasilan program literasi dan
numerasi serta memberikan motivasi bagi siswa untuk terus belajar.
Kegiatan ini bermanfaat untuk menumbuhkan minat baca, meningkatkan
kemampuan literasi dan numerasi
Market Day bukan sekadar bazar sekolah tetapi sebuah revolusi
kecil yang membangkitkan jiwa wirausaha sejak dini. Program Market
Day telah menjadi wadah bagi siswa untuk mengasah jiwa wirausaha.
Melalui kegiatan ini, mereka belajar memproduksi, memasarkan, dan
mengelola keuangan secara langsung. Tidak hanya itu, Market Day juga
melatih siswa untuk berinteraksi dengan orang lain dan membangun
kepercayaan diri. Hanun berhasil menciptakan lingkungan belajar yang
inovatif. Sekolah mendapatkan kesempatan untuk menerapkan model
pembelajaran berbasis proyek, sementara mahasiswa memperoleh
pengalaman nyata dalam membimbing siswa. Keterlibatan orang tua
Dari Balik Layar : Jejak Langkah Mahasiswa Kampus Mengajar 55