Page 186 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 186

karakteristik ketidakpastian yang besar dan kadang-kadang dengan
         156
                 asumsi  diamplifikasi.  Tier-2  lebih  akurat  dengan  menggunakan
                 “local default” atau data regional dengan karakteristik ketidakpastian
                 yang relatif kecil. Tier-3 lebih akurat dibandingkan dengan Tier-1
                 dan Tier-2 karena menggunakan model atau sistem inventori yang
                 didukung oleh data.
                       Key category merupakan salah satu yang mendapat prioritas
                 dalam sistem inventori nasional sebab perhitungan estimasi
                 memiliki pengaruh penting pada total inventori gas rumah kaca
                 untuk setiap negara dalam kontek untuk mengetahui trend dan
                 level absolut dan juga ketidakpastian dalam emisi dan penghilangan
                 emisi
                       Perhitungan emisi untuk polutan dengan metode
                 Tier-1 adalah sebagai berikut.
                     Persamaan 3.9
                                  E  = ∑  [ ∑  (FC  × EF    ) ]
                                    i   i    m    j,m    i,j,m

                 ♦     E adalah emisi polutan (dalam gram)
                        i
                 ♦     FC  adalah konsumsi bahan bakar dari kendaraan katagori j
                         j,m
                       menggunakan bahan bakar m (dalam kg)
                 ♦     EF i,j,m   adalah Konsumsi bahan bakar dengan faktor emisi
         Pajak Karbon dan Pajak Emisi  untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
                       spesifik dari polutan i untuk kendaraan katagori j dan bahan
                       bakar m (dalam g/kg)

                 Faktor emisi dapat dilihat pada Table-3.27 sampai Table-32 (Sumber
                 table: Leonidas dan Zissis Samaras .2001 EMEP. EEA)

                       Jika sebuah kendaraan penumpang (katagori PC (passanger
                 car), lihat Tabel 3.27) mengkonsumsi 10 liter diesel, maka emisi
                 CO dan NMVOC yang keluar dari kendaraan tersebut berdasarkan
                 perhitungan Tier-1 adalah sebesar:
                                                           3
                 1   liter diesel = 0.86 kg (density diesel 860 g/m ), maka 10 liter diesel
                 = 8.6 kg











                                                                                11/3/2023   4:11:15 PM
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   156              11/3/2023   4:11:15 PM
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   156
   181   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191