Page 144 - 36 Tahun Universitas Terbuka: Kewibawaan Akademik
P. 144

Kewibawaan                                                                                                                         z
                      Akademik







              120
              120     Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi, UT                Selanjutnya, menghadapi era pasca pandemi
                      telah menempatkan mahasiswa sebagai fulcrum                 Covid-19 dengan kondisi kebiasaan baru (new
                      dari seluruh kepentingan dan kebijakan yang akan            normal), UT harus memiliki kemampuan adaptasi

                      ditempuhnya. UT terus berupaya membangun                    dan transformasi inovatif  yang memungkinkan
                      kapasitas mahasiswa agar mereka tumbuh                      UT tetap menjadi  yang terdepan dalam
                      menjadi pembelajar jarak jauh  yang tangguh;                transformasi PJJ di tanah air. Upaya untuk

                      mengedukasi mahasiswa secara berkelanjutan                  melahirkan suatu sistem pendidikan jarak jauh
                      dengan mengintegrasikan teknologi dalam                     yang berwajah ke-Indonesiaan   harus  terus
                      proses pedagogi. Proses pembelajaran  yang                  dibina  dan  dikembangkan melalui peran aktif
                      baik tidak hanya sekadar melibatkan teknologi               UT. Era adaptasi kebiasaan baru akan terus
                      semata, tetapi justru harus berpusat kepada                 bergerak; tidak ada satu wilayah pun yang dapat

                      kepentingan dan kapasitas mahasiswa. Dengan                 menghindari dari kecenderungan perubahan
                      demikian, peningkatan kewibawaan akademik                   tatanan baru tersebut. Pembangunan pendidikan
                      melalui pemanfaatan teknologi harus dikaji secara           jarak jauh di Indonesia  harus mengantisipasi

                      hati-hati agar memberi dampak optimal pada                  kecenderungan baru tersebut, terutama dalam
                      penguatan  partisipasi  mahasiswa  dalam proses             konteks menyiapkan SDM yang tangguh sehingga
                      pembelajaran dan beragam aspek layanan dasar                bisa sejajar dengan bangsa-bangsa  lain  yang
                      kemahasiswaan lainnya, seperti registrasi, bahan            telah maju. Mudah-mudahan upaya  yang telah
                      ajar, dan evaluasi hasil belajar. Seluruh komponen          dilakukan selama 36 tahun ini dapat menjadi

                      tersebut harus dikelola dengan cermat dan                   titik tolak dalam mewujudkan peningkatan
                      hati-hati agar memberikan manfaat optimal                   “Kewibawaan  Akademik  UT” menuju  kejayaan
                      bagi mahasiswa melalui sistem dan kerangka                  PJJ di masa depan.

                      layanan dasar  yang terpadu dan menyeluruh
                      yang didukung oleh beragam program layanan
                      pendukung (support  services)  yang dijelaskan
                      pada bagian sebelumnya.
   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149