Page 347 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 347

Media Instruksional       317


                   yang baik, mampu menciptakan berbagai kreasi untuk
                   memanfaatkan  kelebihan  suatu  media  instruksional
                   semaksimal  mungkin  dan  meminimalkan  kekurangan

                   yang dimilikinya.

                         Dari   pembahasan      tersebut,   ada   beberapa
                   pertimbangan  yang  paling  baik  bagi  Anda  dalam

                   pemilihan  media  instruksional  tersebut,  berdasarkan
                   daftar pertanyaan berikut ini:

                   1.  Apakah materinya penting dan berguna untuk peserta
                       didik ?
                   2.  Apakah materinya dapat menarik minat peserta didik

                       untuk belajar ?
                   3.  Apakah ada kaitan langsung dengan tujuan khusus

                       yang akan dicapai ?
                   4.  Apakah format penyajiannya dapat diatur untuk
                       memenuhi urutan belajar ?

                   5.  Apakah penyajiannya menarik minat peserta didik ?
                   6.  Apakah media tersebut mempunyai pandangan yang
                       objektif, tidak mengandung unsur subjektif ?

                   7.  Apakah media tersebut, memenuhi standar kualitas
                       teknis? (gambar, narasi, efek, warna, dan sebagainya).
                   8.  Apakah  media  instruksional  yang  akan  digunakan

                       sudah    disempurnakan    melalui    proses    uji    coba
                       atau  validasi?  Oleh  siapa,  kondisinya  bagaimana,

                       karakteristik sasarannya, dan sejauh mana hal tersebut
                       berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik.



                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   342   343   344   345   346   347   348   349   350   351   352