Page 347 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 347
Media Instruksional 317
yang baik, mampu menciptakan berbagai kreasi untuk
memanfaatkan kelebihan suatu media instruksional
semaksimal mungkin dan meminimalkan kekurangan
yang dimilikinya.
Dari pembahasan tersebut, ada beberapa
pertimbangan yang paling baik bagi Anda dalam
pemilihan media instruksional tersebut, berdasarkan
daftar pertanyaan berikut ini:
1. Apakah materinya penting dan berguna untuk peserta
didik ?
2. Apakah materinya dapat menarik minat peserta didik
untuk belajar ?
3. Apakah ada kaitan langsung dengan tujuan khusus
yang akan dicapai ?
4. Apakah format penyajiannya dapat diatur untuk
memenuhi urutan belajar ?
5. Apakah penyajiannya menarik minat peserta didik ?
6. Apakah media tersebut mempunyai pandangan yang
objektif, tidak mengandung unsur subjektif ?
7. Apakah media tersebut, memenuhi standar kualitas
teknis? (gambar, narasi, efek, warna, dan sebagainya).
8. Apakah media instruksional yang akan digunakan
sudah disempurnakan melalui proses uji coba
atau validasi? Oleh siapa, kondisinya bagaimana,
karakteristik sasarannya, dan sejauh mana hal tersebut
berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN