Page 351 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 351

Media Instruksional       321


               observasi dan mengadakan hubungan dengan berbagai Pusat
               Sumber  Belajar  yang  berada  di  sekitar  lingkungan  sekolah,
               seperti Perpustakaan Kabupaten, Perpustakaan Propinsi, dan
               Perpustakaan di Sekolah-Sekolah lain.

                     Usaha tersebut akan memungkinkan Anda memperoleh
               media  instruksional  yang  dibutuhkan  yang  tidak  terdapat  di
               sekolah Anda. Karena kondisi keberadaan media instruksional
               tidak  tersedia  di  perpustakaan  dengan  baik,  maka  sangat
               diharapkan,  Anda  sebagai  guru  harus  mendapatkan
               keterampilan  tertentu  yang  dibutuhkan  dalam  pembuatan
               media instruksional  dan harus mengenal  keseluruhan proses
               perencanaan  dan  pengembangan  berbagai  jenis  media
               instruksional,  yang  diperoleh  secara  pribadi  atau  melalu
               lembaga sekolah.

                     Gambar  berikut  ini,  memperlihatkan  banyak  peserta
               didik  yang  menggunakan  media  secara  bebas  yang  tidak
               dirancang untuk pendidikan. Media seperti ini bukanlah media
               instruksional.  Kadangkala  pesan  yang  disampaikan  sifatnya
               tidak mendidik, dan bahkan merusak karakter peserta didik.























                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   346   347   348   349   350   351   352   353   354   355   356