Page 351 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 351
Media Instruksional 321
observasi dan mengadakan hubungan dengan berbagai Pusat
Sumber Belajar yang berada di sekitar lingkungan sekolah,
seperti Perpustakaan Kabupaten, Perpustakaan Propinsi, dan
Perpustakaan di Sekolah-Sekolah lain.
Usaha tersebut akan memungkinkan Anda memperoleh
media instruksional yang dibutuhkan yang tidak terdapat di
sekolah Anda. Karena kondisi keberadaan media instruksional
tidak tersedia di perpustakaan dengan baik, maka sangat
diharapkan, Anda sebagai guru harus mendapatkan
keterampilan tertentu yang dibutuhkan dalam pembuatan
media instruksional dan harus mengenal keseluruhan proses
perencanaan dan pengembangan berbagai jenis media
instruksional, yang diperoleh secara pribadi atau melalu
lembaga sekolah.
Gambar berikut ini, memperlihatkan banyak peserta
didik yang menggunakan media secara bebas yang tidak
dirancang untuk pendidikan. Media seperti ini bukanlah media
instruksional. Kadangkala pesan yang disampaikan sifatnya
tidak mendidik, dan bahkan merusak karakter peserta didik.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN