Page 344 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 344

314        Media Instruksional

            4.  Media    Instruksional    harus    konsisten   dengan
               kemampuan cara belajar peserta didik.
                     Supaya  Anda  dapat  memilih  media  instruksional

               yang  konsisten  dengan  tingkat  pemahaman    peserta
               didik,  terlebih  dahulu  Anda  harus  menyadari  tingkat
               pemahaman para peserta didik Anda. Media instruksional

               yang diperjual-belikan biasanya dirancang untuk populasi
               peserta  didik  secara  umum.  Anda  dapat  menyesuaikan
               beberapa  media  instruksional  tersebut  sehingga  dapat
               digunakan secara baik untuk peserta didik tertentu. Namun
               demikian,  jika  media  instruksional  tersebut  ”terlalu  di

               atas”  atau  ”terlalu  dibawah“  tingkat  kemampuan  para
               peserta didik, sebaiknya tidak digunakan. Disamping itu,
               ada  kemungkinan  beberapa  peserta  didik  lebih  mampu
               belajar  secara  visual  dan  mengalami  kesulitan  apabila

               berhadapan  dengan  media  instruksional  yang  sifatnya
               verbal.  Karena  ada  peserta  didik  yang  tergolong  dalam
               ”visual-oriented”  artinya  merupakan  suatu  kebutuhan
               alami  baginya  untuk  belajar  secara  visual.  Guru  yang

               profesional  harus  dapat  memilih  media  instruksional
               yang  cocok  dengan  cara  belajar  peserta  didik  tersebut.
               Media  instruksional  harus  dipilih  sesuai  dengan
               karakteristik  dan  cara  belajar  peserta  didik.  Gambar  ini

               memperlihatkan  media  instruksional  mengenai  tubuh
               manusia yang banyak diperjual belikan dipasaran.









           PROFIL GURU MASA DEPAN
   339   340   341   342   343   344   345   346   347   348   349