Page 344 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 344
314 Media Instruksional
4. Media Instruksional harus konsisten dengan
kemampuan cara belajar peserta didik.
Supaya Anda dapat memilih media instruksional
yang konsisten dengan tingkat pemahaman peserta
didik, terlebih dahulu Anda harus menyadari tingkat
pemahaman para peserta didik Anda. Media instruksional
yang diperjual-belikan biasanya dirancang untuk populasi
peserta didik secara umum. Anda dapat menyesuaikan
beberapa media instruksional tersebut sehingga dapat
digunakan secara baik untuk peserta didik tertentu. Namun
demikian, jika media instruksional tersebut ”terlalu di
atas” atau ”terlalu dibawah“ tingkat kemampuan para
peserta didik, sebaiknya tidak digunakan. Disamping itu,
ada kemungkinan beberapa peserta didik lebih mampu
belajar secara visual dan mengalami kesulitan apabila
berhadapan dengan media instruksional yang sifatnya
verbal. Karena ada peserta didik yang tergolong dalam
”visual-oriented” artinya merupakan suatu kebutuhan
alami baginya untuk belajar secara visual. Guru yang
profesional harus dapat memilih media instruksional
yang cocok dengan cara belajar peserta didik tersebut.
Media instruksional harus dipilih sesuai dengan
karakteristik dan cara belajar peserta didik. Gambar ini
memperlihatkan media instruksional mengenai tubuh
manusia yang banyak diperjual belikan dipasaran.
PROFIL GURU MASA DEPAN