Page 175 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 175

Karakteristik Tutor dan Potret Kegiatan Tutorial








                  Harapan tutor agar proses tutorial berjalan efesien        Mahasiswa Bicara                                           163
                                                                                                                                        163
                  dan efektif
                                                                             Bagaimana karakteristik tutor UT yang diharapkan
                  1.  Mahasiswa harus hadir tepat  waktu agar
                                                                             mahasiswa?
                     tidak  ketinggalan  informasi  penting  yang
                     disampaikan.
                                                                             Ada 374 mahasiswa UT berasal dari 17 UPBJJ-
                  2.  Mahasiswa sudah siap mengikuti  tutorial
                                                                             UT,  yaitu  UPBJJ-UT  Pekanbaru,  Medan,  Jambi,
                     dengan bekal ilmu atau bahan ajar yang sudah
                                                                             Bengkulu, Lampung, Sorong, Ambon, Makassar,
                     dipelajarinya. Mahasiswa sebaiknya sudah
                                                                             Kupang, Denpasar, Bogor, Bandung, Yogyakarta,
                     membaca, membuat catatan, atau membuat
                                                                             Malang, Samarinda,  dan Banjarmasin,  telah
                     rangkuman  dari modul  yang akan dibahas
                                                                             berpartisipasi  memberikan pendapatnya tentang
                     sehingga terjadi interaksi dua arah mengenai
                                                                             tutor yang diimpikan.  Mahasiswa tersebut berasal
                     suatu topik materi.  Dengan demikian, tutor
                                                                             dari berbagai program studi yang ada di UT.
                     tinggal mengarahkan, memantapkan, dan
                     memberi tugas-tugas untuk memantapkan
                     pemahaman          mahasiswa.       Para      tutor

                     menjelaskan bahwa jika mahasiswa belum
                     membaca modul maka proses pembelajaran
                     terganggu, dan akan dibutuhkan lebih banyak
                     waktu untuk menjelaskan setiap bagian materi
                     modul sementara waktu tutorial terbatas.








                                                                                     Gambar 10. Sebaran responden mahasiswa
                                                                                         program studi PGSD dan PGPAUD
   170   171   172   173   174   175   176   177   178   179   180