Page 178 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 178

Potret Tutor UT








          166     Sesuai dengan perannya sebagai fasilitator dan              2.  Fokus  pada  memberikan  bimbingan  dan
                  juga pembimbing pada umumnya tutor UT telah                    fasilitasi mahasiswa untuk menguasai bahan
                  membantu mahasiswa dalam memecahkan                            pelajaran lebih diutamakan serta tidak
                  masalah belajar, terkait  pemahaman dalam                      terlalu banyak memberi tugas individu atau

                  menguasai isi modul. Namun demikian masih                      kelompok sehingga tidak sempat memberikan
                  banyak      mahasiswa       yang     mengharapkan              pendalaman modul. Dalam memberikan
                  agar tutor  selalu  memberikan informasi dan                   tugas individu/kelompok sebaiknya diatur

                  penguatan tentang kemajuan belajar mahasiswa.                  sedemikian rupa, sesuai dengan waktu yang
                                                                                 tersedia dan  tidak bersamaan dengan jadwal
                  Gambaran  di atas menunjukkan bahwa menurut                    mengerjakan Tugas Tutorial.
                  mahasiswa, tutor  TTM sudah memberikan                      3.  Dibutuhkan tutor-tutor yang selalu memberi
                  bantuan belajar dengan baik, artinya tutor UT                  motivasi,  membangun rasa percaya diri, dan

                  sudah memiliki kualitas yang diharapkan.                       membangkitkan rasa ingin belajar mahasiswa
                                                                                 dengan menciptakan suasana tutorial yang
                  Berikut adalah beberapa kompetensi   yang                      kondusif.

                  diharapkan  dimiliki  para tutor  agar aktivitas            4.  Dalam sistem penilaian,  mahasiswa berharap
                  tutorial   ke   depan      mampu      meningkatkan             tutor adil dalam memberikan penilaian.
                  kemampuan mahasiswa lebih maksimal lagi.                       Mahasiswa yang tidak aktif dan jarang hadir
                  1.  Dibutuhkan   tutor UT yang  benar-benar                    perlu    dipertimbangkan       nilainya.   Sistem
                      menguasai  materi mata kuliah agar dalam                   penilaian UAS masih dirasakan memberatkan

                      membahas  materi tutorial  tidak  keluar dari              mahasiswa.
                      materi/ isi yang ada dalam modul. Begitu pula           5.  Pemberian  umpan  balik  terhadap  tugas-
                      tugas-tugas  yang  diberikan  relevan  dengan              tugas yang sudah dikerjakan mahasiswa

                      kompetensi dan materi  yang ada dalam                      masih menjadi  suatu impian. Mahasiswa
                      modul yaitu tugas yang dapat memantapkan                   sangat  membutuhkan    bahan  refleksi  dan
                      dan menguji tingkat  penguasaan mahasiswa                  koreksi terhadap kemajuan belajar yang
                      terhadap materi mata kuliah.                               sudah dicapainya. Harapan ini agak sulit
   173   174   175   176   177   178   179   180   181   182   183