Page 170 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 170
Potret Tutor UT
Pada umumnya tutor UT yang sudah mengajar lebih dari 2 tahun merasa cocok dan menyukai perannya
158
sebagai tutor UT walaupun mendapat tugas tutorial di lokasi yang cukup jauh, harus berangkat sehari
sebelum pelaksanaan TTM, atau dengan perjalanan yang cukup sulit misalnya dengan perahu atau jalan
yang berbukit. Namun demikian, semua itu dijalankan dengan suka cita apalagi bila ditempuh bersama
tutor-tutor lain sehingga tidak merasakan kelelahan. Faktor lain yang mendorong kecocokan ini didukung
oleh beberapa alasan diantaranya mendapat tambahan finansial, ingin mengabdi, pengembangan ilmu,
suka berbagi ilmu, serta menambah pengalaman dan perasaan senang lainnya yang didapat setelah
menjadi tutor.
Tugas dan peran apa saja yang sudah
dilaksanakan tutor dalam TTM?
Pada umumnya tutor UT telah memahami tugas
dan perannya sebagai tutor, termasuk aktivitas
yang harus disiapkan dan dilakukan selama
8 (delapan) kali pertemuan tutorial. Ada dua
konsepsi tentang kegiatan yang sudah dilakukan
dan diupayakan oleh tutor untuk membantu
mahasiswa belajar. Pertama, membantu
memantapkan pemahaman mahasiswa untuk
menguasai isi modul dengan berbagai metode
dan yang kedua, membimbing mahasiswa untuk
Gambar 3. Memahami Tugas dan Perannya
memiliki keterampilan belajar mandiri. Tutor UT
sebagai Tutor UT
umumnya mengajar sesuai dengan bidang ilmu
yang dikuasainya. Masing-masing mempunyai