Page 167 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 167

Karakteristik Tutor dan Potret Kegiatan Tutorial








                  Sebagai suatu lembaga pendidikan  yang                      Untuk       menyiapkan         mahasiswa        agar      155
                                                                                                                                        155
                  menerapkan sistem belajar jarak jauh, Universitas           mampu menjadi pembelajar mandiri, UT
                  Terbuka (UT) selalu menekankan bahwa semua                  menyelenggarakan kegiatan Orientasi Studi
                  proses pembelajaran di UT berpusat pada peserta             Mahasiswa Baru (OSMB) dan kegiatan Pelatihan

                  didik (mahasiswa), dimana mahasiswa selalu                  Keterampilan Belajar Jarak Jauh  (PKBJJ).  Melalui
                  ditekankan untuk menjadi pembelajar mandiri                 dua kegiatan tersebut,  UT memberi bekal bagi
                  yang dapat memotivasi diri sendiri untuk belajar            mahasiswa baru  berbagai  keterampilan  seperti

                  dan aktif dalam proses pembelajaran. Kegiatan               keterampilan membaca efektif, merencanakan
                  belajar mandiri mahasiswa UT membutuhkan                    dan mengelola waktu belajar, dan keterampilan
                  bahan pembelajaran yang disebut Buku Materi                 menggunakan berbagai  sumber belajar  yang
                  Pokok (BMP) atau modul UT.  Selama ini, UT                  telah tersedia di website UT,  agar mereka dapat
                  telah berupaya untuk mengembangkan bahan                    menjadi  mahasiswa Indonesia  yang  mampu

                  pembelajaran  yang menerapkan prinsip belajar               belajar mandiri dan dapat mengatasi masalah-
                  jarak jauh.  Bahan pembelajaran UT disusun                  masalah pembelajaran yang dialaminya.    Semua
                  secara  sistematis  dalam  bentuk  moduler,  yang           upaya tersebut dilakukan untuk membantu

                  terdiri dari pendahuluan, sajian materi belajar,            mahasiswa belajar. Namun demikian, kita tidak
                  latihan, rangkuman, dan tes formatif. Penyajian             pernah tahu hambatan  yang dialami setiap
                  materi pembelajaran ini bersifat  self-contained            mahasiswa, karena tentunya permasalahan
                  dan     self-instruction    untuk     memudahkan            mahasiswa ini berbeda mengingat proses
                  mahasiswa belajar secara mandiri dan mudah                  belajar yang terjadi pada seseorang bersifat unik

                  menguasai konsep-konsep penting dari setiap                 sehingga akan ada berbagai masalah belajar dan
                  bahan pembelajaran dari semua mata kuliah                   kebutuhan pemecahan masalah  yang berbeda
                  yang ditempuhnya.                                           pula.
   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171   172