Page 48 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 48

I.3.
                 E-READINESS INDONESIA UNTUK

                 PENDIDIKAN PADA ERA DIGITAL

                 Unggul Utan Sufandi, Daryono, dan Tri Darmayanti



                 1.  Pendahuluan
                 Seperti halnya di negara-negara lain, perkembangan teknologi yang pesat telah
                 berdampak pada pemanfaatan  electronic learning (e-learning)  di Indonesia.
                 E-learning di Indonesia telah memasuki babak baru setelah penetrasi Internet
                 telah mencapai hampir 30 persen dari penduduk Indonesia. E-learning yang
                 juga dikenal dengan nama  online  learning,  virtual  learning, dan  ubiquitous
                 learning merupakan bentuk pembelajaran berbasis teknologi informasi dan
                 komunikasi (TIK). Metode pembelajaran e-learning ini dinilai memiliki potensi
                 yang  sangat  tinggi  untuk  meningkatkan  aksesibilitas  masyarakat  terhadap
                 pendidikan dan ilmu pengetahuan.
                 Jumlah penduduk Indonesia mencapai lebih dari 240 juta pada tahun 2014,
                 sementara angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi masih dibawah
                 30%. Ini berarti ada 70% penduduk Indonesia pada kelompok usia kuliah
                 yang tidak dapat menikmati pendidikan tinggi. Diantara faktor-faktor yang
                 mempengaruhi rendahnya APK pendidikan tinggi ini adalah terbatasnya



                 38
   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53