Page 48 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 48
I.3.
E-READINESS INDONESIA UNTUK
PENDIDIKAN PADA ERA DIGITAL
Unggul Utan Sufandi, Daryono, dan Tri Darmayanti
1. Pendahuluan
Seperti halnya di negara-negara lain, perkembangan teknologi yang pesat telah
berdampak pada pemanfaatan electronic learning (e-learning) di Indonesia.
E-learning di Indonesia telah memasuki babak baru setelah penetrasi Internet
telah mencapai hampir 30 persen dari penduduk Indonesia. E-learning yang
juga dikenal dengan nama online learning, virtual learning, dan ubiquitous
learning merupakan bentuk pembelajaran berbasis teknologi informasi dan
komunikasi (TIK). Metode pembelajaran e-learning ini dinilai memiliki potensi
yang sangat tinggi untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap
pendidikan dan ilmu pengetahuan.
Jumlah penduduk Indonesia mencapai lebih dari 240 juta pada tahun 2014,
sementara angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi masih dibawah
30%. Ini berarti ada 70% penduduk Indonesia pada kelompok usia kuliah
yang tidak dapat menikmati pendidikan tinggi. Diantara faktor-faktor yang
mempengaruhi rendahnya APK pendidikan tinggi ini adalah terbatasnya
38