Page 280 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 280

melakukan registrasi dan di antarnya 518 pengunjung telah membuka/
                    memanfaatkan video pembelajaran yang disajikan. Adapun perincian
                    pengunjung untuk setiap jenis program seri pembelajaran dapat dilihat
                    pada tabel berikut.

                                             Tabel 1.
                        Jumlah Kunjungan ke Laboratorium Pembelajaran (per April 2014)
                                                                      Jumlah
                  No                   Program Video
                                                                     Kunjungan
                  1   Seri Pembelajaran PAUD (23 program video)         108
                  2   Seri Pembelajaran Sekolah Dasar (69 program video)  195
                  3   Seri Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama  (75 program   215
                      video)
                                  Jumlah Kunjungan Total                518



                    Studi yang dilakukan oleh Antoro dkk (2012) terkait kualitas video dalam
                    laboratorium pembelajaran menunjukkan bahwa 78% dari 228 orang
                    responden pengunjung laboratorium pembelajaran (terdiri atas 70 orang
                    responden yang me-review video pembelajaran TK/PAUD, 118 orang yang
                    me-review video pembelajaran SD, dan 40 orang yang me-review video
                    pembelajaran SMP) menyatakan cara mengatasi masalah pembelajaran
                    yang  ditampilkan  dalam  laboratorium  pembelajaran  dapat  diterapkan
                    oleh mereka. Lebih jauh, 70% responden juga menyatakan bahwa alur
                    cerita dan metode pembelajaran yang disajikan dalam video cukup
                    jelas dan 66% responden menyatakan bahwa metode pembelajaran
                    yang di-share dalam laboratorium pembelajaran mudah dipahami untuk
                    mengatasi pemasalahan pembelajaran yang sama di tempat mereka.
                    Hasil studi di atas menunjukkan adanya respons yang positif dari para
                    pengguna (dalam hal ini para guru) terhadapkualitas  video streaming
                    pada laboratorium pembelajaran. Dengan demikian, video-video tersebut
                    tidak hanya berfungsi  sebagai  media penyampai informasi dan pesan





                 270
   275   276   277   278   279   280   281   282   283   284   285