Page 280 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 280
melakukan registrasi dan di antarnya 518 pengunjung telah membuka/
memanfaatkan video pembelajaran yang disajikan. Adapun perincian
pengunjung untuk setiap jenis program seri pembelajaran dapat dilihat
pada tabel berikut.
Tabel 1.
Jumlah Kunjungan ke Laboratorium Pembelajaran (per April 2014)
Jumlah
No Program Video
Kunjungan
1 Seri Pembelajaran PAUD (23 program video) 108
2 Seri Pembelajaran Sekolah Dasar (69 program video) 195
3 Seri Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama (75 program 215
video)
Jumlah Kunjungan Total 518
Studi yang dilakukan oleh Antoro dkk (2012) terkait kualitas video dalam
laboratorium pembelajaran menunjukkan bahwa 78% dari 228 orang
responden pengunjung laboratorium pembelajaran (terdiri atas 70 orang
responden yang me-review video pembelajaran TK/PAUD, 118 orang yang
me-review video pembelajaran SD, dan 40 orang yang me-review video
pembelajaran SMP) menyatakan cara mengatasi masalah pembelajaran
yang ditampilkan dalam laboratorium pembelajaran dapat diterapkan
oleh mereka. Lebih jauh, 70% responden juga menyatakan bahwa alur
cerita dan metode pembelajaran yang disajikan dalam video cukup
jelas dan 66% responden menyatakan bahwa metode pembelajaran
yang di-share dalam laboratorium pembelajaran mudah dipahami untuk
mengatasi pemasalahan pembelajaran yang sama di tempat mereka.
Hasil studi di atas menunjukkan adanya respons yang positif dari para
pengguna (dalam hal ini para guru) terhadapkualitas video streaming
pada laboratorium pembelajaran. Dengan demikian, video-video tersebut
tidak hanya berfungsi sebagai media penyampai informasi dan pesan
270