Page 276 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 276

c.  Memfasilitasi komunikasi dan interaksi secara online antarmahasiswa,
                    teman sejawat, tutor, dan dosen di PTJJ.

                 d.  Memberi kontribusi signifikan  terhadap ICT literacy para guru  dalam
                    jabatan.

                 Sementara itu, tujuan khusus dari pengembangan portal GPO ini sebagai
                 berikut.

                 a.  Menyediakan  rujukan  berbagai  ragam  sumber  pembelajaran  terbuka
                    (open  educational  resources  –  OER) yang  sesuai dengan kebutuhan
                    pengembangan   diri  (profesionalisme)  guru  dan  pelaksanaan
                    pembelajaran di sekolah.

                 b.  Menyediakan sumber rujukan berbagai aturan perundangan yang
                    berkaitan dengan profesi guru dan pembelajaran.

                 c.  Memfasilitasi komunikasi dan interaksi antarguru secara  online sebagai
                    wadah komunikasi atau forum komunikasi antarguru agar  dapat  saling
                    menyapa dan berbagi pengalaman.

                 Dengan kata  lain, portal GPO  merupakan portal yang berisi berbagai
                 sumber pembelajaran terbuka yang disediakan secara  online, laboratorium
                 pembelajaran online, serta forum komunikasi antarguru secara online. Materi
                 yang tersedia dalam GPO meliputi informasi dan materi tentang dunia
                 pendidikan, keguruan, dan pembelajaran;  khususnya untuk mereka yang
                 berprofesi sebagai guru atau pendidik pada berbagai jenjang pendidikan
                 mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan sekolah dasar,
                 hingga pendidikan sekolah menengah. Dengan demikian, guru yang dapat
                 memanfaatkan portal GPO tidak terbatas hanya mahasiswa dan alumni FKIP
                 UT, tetapi juga guru-guru lain atau masyarakat umum yang tertarik dengan
                 dunia pendidikan.  Berbagai  sumber  yang ada di dalamnya dapat dilihat,
                 dipelajari, dan diunduh secara cuma-cuma, bahkan para guru dapat secara
                 aktif memasukkan ide dan pendapatnya mengenai suatu sumber dalam
                 kolom komentar dan dalam menu forum komunikasi guru.







                 266
   271   272   273   274   275   276   277   278   279   280   281