Page 284 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 284

Gambar 2.
                                   Materi FKG yang Diakses Pembaca

                    Berpijak dari pengalaman mereka dalam menggunakan FKG, para
                    guru terdorong untuk menelusuri portal-portal lainnya, terutama yang
                    berbahasa Indonesia. Studi yang samamenunjukkan bahwa para guru
                    lebih tertarik untuk membahas topik metode pembelajaran, pendekatan
                    pembelajaran, dan media pembelajaran dibandingkan materi yang
                    lainnya. Hal ini dapat dilihat dari jumlah akses pada topik tersebut. Hal
                    ini mungkin disebabkan para guru memiliki pengalaman pada topik-
                    topik tersebut sehingga lebih percaya diri untuk mengungkapkan
                    pendapatnya.  Para  guru  tersebut  kebanyakan  memanfaatkan  fasilitas
                    internet yang disediakan sekolah mereka untuk mengakses GPO. Gambar
                    1 menunjukkan topik-topik pada FKG yang diakses oleh para guru.

                    Berdasarkan angket yang disebar kepada kurang lebih 240 guru di 12 kota
                    di Indonesia, tampaknya guru membuka portal GPO untuk memperkaya
                    materi pelajaran, berkomunikasi dengan guru, mencari pengetahuan
                    yang berguna, dan berpartisipasi aktif dalam FKG. Hal ini digambarkan
                    seperti berikut.







                 274
   279   280   281   282   283   284   285   286   287   288   289