Page 284 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 284
Gambar 2.
Materi FKG yang Diakses Pembaca
Berpijak dari pengalaman mereka dalam menggunakan FKG, para
guru terdorong untuk menelusuri portal-portal lainnya, terutama yang
berbahasa Indonesia. Studi yang samamenunjukkan bahwa para guru
lebih tertarik untuk membahas topik metode pembelajaran, pendekatan
pembelajaran, dan media pembelajaran dibandingkan materi yang
lainnya. Hal ini dapat dilihat dari jumlah akses pada topik tersebut. Hal
ini mungkin disebabkan para guru memiliki pengalaman pada topik-
topik tersebut sehingga lebih percaya diri untuk mengungkapkan
pendapatnya. Para guru tersebut kebanyakan memanfaatkan fasilitas
internet yang disediakan sekolah mereka untuk mengakses GPO. Gambar
1 menunjukkan topik-topik pada FKG yang diakses oleh para guru.
Berdasarkan angket yang disebar kepada kurang lebih 240 guru di 12 kota
di Indonesia, tampaknya guru membuka portal GPO untuk memperkaya
materi pelajaran, berkomunikasi dengan guru, mencari pengetahuan
yang berguna, dan berpartisipasi aktif dalam FKG. Hal ini digambarkan
seperti berikut.
274