Page 39 - 34 Tahun Universitas Terbuka: Cyber University Untuk Negeri
P. 39

UT di Tengah
                                                                                                                     Revolusi Industri 4.0






                      Potensi calon mahasiswa  UT dapat   diklasifikasikan sebagai berikut:                                                 37


                         • Kelompok lulusan SLTA/Sederajat, yaitu para siswa lulusan SMA/SMK, MA/MAK,  Paket  C,  SMA
                         Terbuka, dan Muadalah Setara MA.

                         • Kelompok guru/pendidik dan aparatur pemerintah lain yang sudah bekerja tetapi belum pernah atau
                         belum selesai mengikuti pendidikan tinggi jenjang sarjana atau diploma.


                         • Kelompok  pekerja  atau  anggota  masyarakat  lain  yang  belum  pernah  atau  belum  selesai  mengikuti
                         pendidikan tinggi jenjang sarjana atau diploma.




                      STRATEGI PENINGKATAN APK                                       pendidikan menengah (sekolah,  madrasah,

                                                                                     pesantren).
                      UT     melakukan      berbagai      langkah     untuk
                      mengundang calon mahasiswa dan sekaligus                       • Peningkatan Kerja Sama
                      untuk  mendukung  program  peningkatan  APK
                                                                                     UT melakukan kerja sarna dengan perguruan
                      pendidikan tinggi.
                                                                                     tinggi negeri untuk  menampung para

                         • Peningkatan Edukasi Publik dan Sosialisasi                lulusan  SLTA/Sederajat yang tidak lolos
                                                                                     SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri di
                         Upaya ini dilakukan dengan meningkatkan
                                                                                     setiap perguruan tinggi negeri.
                         intensitas dan ekstensitas edukasi publik
                         dan sosialisasi tentang UT, baik di dalam                   Kerja sama juga dilakukan dengan lembaga

                         maupun luar negeri, dengan memanfaatkan                     pemerintah       pusat      dan      pemerintah
                         beragam media dan cara. Misalnya melalui                    daerah, perusahaan, dan organisasi  sosial
                         media  massa  cetak  rnaupun siar, internet/                kemasyarakatan, untuk memberikan layanan
                         digital,  hingga  visitasi/kunjungan  ke  lembaga





















       Buku Dies 34__MASTER.indd   37                                                                                                       27/08/2018   08.39.04
   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44