Page 35 - 34 Tahun Universitas Terbuka: Cyber University Untuk Negeri
P. 35
UT di Tengah
Revolusi Industri 4.0
“ agar kuliah online yang harus segera diterjadikan, agar pendidikan 33
Pemerintah terus mendorong
di Indonesia tetap kokoh dan sejajar dengan
menjadi salah satu solusi bangsa-bangsa lain yang telah maju.
“ agar dapat meningkatkan kapasitas dan
Merespons tuntutan tersebut, UT melakukan
mencerdaskan bangsa berbagai usaha sistemik dan sistematik
perannya sebagai Cyber University. Laporan ini
Dirjen Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi menginformasikan secara singkat upaya dan
kemajuan yang telah dicapai UT sebagai tindak
Ali Ghufron Mukti (Jawa Pos, 2 Mei 2017)
lanjut atas arahan yang disampaikan Menteri
Ristek Dikti pada saat pembukaan Temu Ilmiah
Nasional Guru pada November 2017.
Kebijakan ini memberikan harapan bagi perluasan
akses dan peningkatan daya jangkau sektor
pendidikan. Pengintegrasian kemajuan yang
UT DAN APK PENDIDIKAN TINGGI
dicapai dalam bidang Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam penyelenggaraan pendidikan Angka Partisipasi Kasar (APK) untuk Pendidikan
terbuka jarak jauh akan menjadi sangat penting, Tinggi di Indonesia saat ini baru mencapai 31,1
seperti arahan Menteri Riset, Teknologi, dan persen dari jumlah penduduk yang seharusnya
Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., berkesempatan belajar di perguruan tinggi.
Ak. pada penutupan Rapat Kerja Nasional Pencapaian APK ini masih lebih rendah
tentang Penerapan Distance Education dan dibanding negara-negara lain di kawasan
Online Learning, Januari 2018, di Medan. Isu- ASEAN atau Asia, seperti Malaysia 45 persen,
isu strategis terkait disruptive innovation, virtual Singapura 78 persen, dan Thailand 54 persen,
learning environment, classroom less, augmented dan Korea 98,2 persen.
reality, hybrid pedagogy, dan cyber university
merupakan arah dan masa depan pendidikan
Buku Dies 34__MASTER.indd 33 27/08/2018 08.39.02