Page 34 - 34 Tahun Universitas Terbuka: Cyber University Untuk Negeri
P. 34
Cyber University bagi Negeri
32 Hanya dalam waktu kurang dari 5 tahun, harus berkualitas, fleksibel, terbuka, dan murah,
jutaan OER telah dikembangkan oleh berbagai sehingga pelayanannya memungkinkan untuk
perguruan tinggi dan institusi di dunia. Open dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.
University di seluruh dunia, termasuk Universitas Sistem yang bisa diandalkan untuk memenuhi
Terbuka (UT), menjadi frontier advokasi gerakan prasyarat itu salah satunya—atau satu-satunya—
ini. Hingga sekarang telah bergabung sekitar 900 adalah sistem pendidikan terbuka jarak jauh
institusi dalam OER network yang dikelola oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi.
UNESCO.
Untuk hal itu pemerintah sudah bersiap.
Pada masa yang sama, di luar dinding institusi Pemerintah telah menyiapkan sejumlah aturan
pendidikan tinggi, Internet membawa sektor untuk mendorong pengembangan sistem
ekonomi dan industri ke era Industri 4.0. Lanskap pendidikan jarak jauh. Melalui Undang-Undang
bisnis berubah drastis. Jelaslah, Revolusi Industri No. 12 Tahun 2012 secara eksplisit pemerintah
generasi 4.0 membutuhkan kompetensi dan menyatakan bahwa sistem pendidikan jarak jauh
kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat dilakukan dengan modus tunggal, seperti
berbeda. Banyak lulusan baru perguruan tinggi yang diselenggarakan UT, dan modus ganda,
dan SDM di lembaga/perusahaan mendadak yakni pendidikan jarak jauh yang digelar oleh
kehilangan kompetensi, karena pendidikan perguruan tinggi tatap muka atau konvensional.
yang diperoleh sudah tidak relevan lagi dengan
PTJJ juga menjadi program prioritas Kemenristek
kebutuhan. Mereka memerlukan re-training
Dikti dalam akselerasi APK Perguruan Tinggi,
agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan
pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
pekerjaan yang baru.
(TIK) dalam pembelajaran di perguruan tinggi,
Demi mengatasi permasalahan sumber daya serta pewujudan pemenuhan kebutuhan tenaga
manusia (SDM) secara berkelanjutan , diperlukan SDM yang berkualitas dalam satu atau lebih
kebijakan nasional di bidang pendidikan tinggi bidang keahlian di daerah-daerah tertentu.
yang komprehensif. Sistem pendidikan tinggi itu
Buku Dies 34__MASTER.indd 32 27/08/2018 08.39.02