Page 43 - 32 Tahun Universitas Terbuka : Empat Windu Membagun Negeriku
P. 43
Perkembangan Sistem Layanan
Rektor III. Sedangkan pada tahun 1989-2004 dan calon mahasiwa-mahasiswa (staf front desk).
(sebelum ditetapkannya BAAPM) fungsi unit Disamping itu, adanya Pengurus Kelompok
pelayanan mahasiswa melekat pada salah satu Belajar (Pokjar) dapat menjembatani ataupun
bagian pada BAAK/BAAKRENSI. menjadi kepanjangan tangan UPBJJ-UT dalam
memberikan layanan kepada mahasiswa.
Layanan Administrasi Akademik
di Kantor Daerah Layanan Administrasi Akademik di Kantor Pusat
Untuk menjangkau seluruh wilayah, pelayanan Walaupun pelayanan mahasiswa pada dasarnya
kepada mahasiswa UT pada dasarnya dilakukan di daerah (UPBJJ), namun tidak dapat
dilaksanakan di setiap kantor UT di daerah, yang dihindari adanya permintaan pelayanan yang
disebut sebagai Unit Program Belajar Jarak Jauh ditujukan ke UT Pusat, baik melalui media
atau disingkat sebagai UPBJJ-UT. Pada saat UT maupun yang datang secara langsung. Pada
didirikan, UPBJJ-UT dibangun di 32 Kota, yang awal berdirinya UT, pelayanan mahasiswa dan
berlokasi di Ibukota Provinsi dan di kota lainnya kemahasiswaan di UT Pusat dilakukan di bawah
yang memiliki Perguruan Tinggi Negeri (PTN), koordinasi Pembantu Rektor III dengan beberapa
yaitu Bogor, Surakarta Purwokerto, Malang staf dosen yang ditugaskan untuk menangani
dan Jember. Fasilitas fisik layanan mahasiswa pelayanan kepada mahasiswa dan kegiatan
di UPBJJ-UT terus ditingkatkan sejalan dengan kemahasiswaan.
program rehabilitasi bangunan UPBJJ-UT yaitu
dengan menyediakan meja resepsionis di setiap Mulai tahun 1986, dengan SK Rektor No. 220/
pintu masuk gedung UPBJJ. Mulai tahun 2016, PT45/KEP/1986 tanggal 23 September 1986
semua UPBJJ-UT mengangkat tenaga khusus tentang Pembentukan Unit Pelayanan Mahasiswa
untuk memberikan layanan kepada mahasiswa (Unit PELMA), pelayanan kepada mahasiswa di UT
37