Page 43 - 32 Tahun Universitas Terbuka : Empat Windu Membagun Negeriku
P. 43

Perkembangan Sistem Layanan


















                  Rektor  III.  Sedangkan  pada  tahun  1989-2004             dan calon mahasiwa-mahasiswa (staf front desk).
                  (sebelum  ditetapkannya  BAAPM)  fungsi  unit               Disamping  itu,  adanya  Pengurus  Kelompok
                  pelayanan  mahasiswa  melekat  pada  salah  satu            Belajar  (Pokjar)  dapat  menjembatani  ataupun

                  bagian pada BAAK/BAAKRENSI.                                 menjadi  kepanjangan  tangan  UPBJJ-UT  dalam
                                                                              memberikan layanan kepada mahasiswa.
                  Layanan Administrasi Akademik
                  di Kantor Daerah                                            Layanan Administrasi Akademik di Kantor Pusat
                  Untuk  menjangkau  seluruh  wilayah,  pelayanan             Walaupun  pelayanan  mahasiswa  pada  dasarnya

                  kepada      mahasiswa       UT     pada     dasarnya        dilakukan  di  daerah  (UPBJJ),  namun  tidak  dapat
                  dilaksanakan di setiap kantor UT di daerah, yang            dihindari  adanya  permintaan  pelayanan  yang
                  disebut sebagai Unit Program Belajar Jarak Jauh             ditujukan  ke  UT  Pusat,  baik  melalui  media

                  atau  disingkat  sebagai  UPBJJ-UT.  Pada  saat  UT         maupun  yang  datang  secara  langsung.  Pada
                  didirikan,  UPBJJ-UT  dibangun  di  32  Kota,  yang         awal  berdirinya  UT,  pelayanan  mahasiswa  dan
                  berlokasi di Ibukota  Provinsi dan di kota lainnya          kemahasiswaan  di  UT  Pusat  dilakukan  di  bawah
                  yang  memiliki  Perguruan  Tinggi  Negeri  (PTN),           koordinasi Pembantu Rektor III dengan beberapa
                  yaitu  Bogor,  Surakarta  Purwokerto,  Malang               staf  dosen  yang  ditugaskan  untuk  menangani

                  dan  Jember.  Fasilitas  fisik  layanan  mahasiswa          pelayanan  kepada  mahasiswa  dan  kegiatan
                  di  UPBJJ-UT  terus  ditingkatkan  sejalan  dengan          kemahasiswaan.
                  program  rehabilitasi  bangunan  UPBJJ-UT  yaitu

                  dengan menyediakan meja resepsionis di setiap               Mulai  tahun  1986,  dengan  SK  Rektor  No.  220/
                  pintu  masuk  gedung  UPBJJ.  Mulai  tahun  2016,           PT45/KEP/1986  tanggal  23  September  1986
                  semua  UPBJJ-UT  mengangkat  tenaga  khusus                 tentang Pembentukan Unit Pelayanan Mahasiswa
                  untuk  memberikan  layanan  kepada  mahasiswa               (Unit PELMA), pelayanan kepada mahasiswa di UT







                                                                                                                                37
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48