Page 668 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 668
Manajemen Unit Program
Belajar ]arak-]auh:
Pengalaman UPB]]-UT Bandung
emenuhan kebutuhan masyarakat akan pendidikan tinggi
P
yang murah dan berkualitas tanpa meninggalkan aktivitas
rutinnya menjadi hal yang langka di negeri ini. Di sisi lain,
perubahan mendasar berkaitan dengan pemberlakuan sistem
yang memberikan otonomi luas kepada daerah, menuntut
perubahan dalam strategi pengelolaan pendidikan dalam
kerangka otonomi daerah (Zuhairi, dkk, 2003). Kewenangan yang
dimiliki daerah berdasarkan UU no. 22 tahun 1999 untuk
mengatur dan mengendalikan pembangunan di daerahnya
masing-masing berdampak pada kebutuhan akan Sumber Daya
Manusia (SDM) yang handal.
Universitas Terbuka (UT) yang didirikan pada tahun 1984,
menerapkan sistem Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PT JJ) dalam
menyelenggarakan fungsinya sebagai lembaga pendidikan tinggi.
Pada dasarnya, sistem yang melandasi pendidikan terbuka dan
jarak jauh di UT terdiri dari sistem dasar (bahan ajar, proses
pembelajaran, dan bahan ujian) dan sistem pengelolaan
(registrasi, evaluasi dan distribusi). (Depdiknas, UT, 2000). Sistem
PT JJ ini akan memunculkan kendala jika tidak dikelola dengan
baik dan tanpa melibatkan anggota masyarakat mengingat
kondisi geografis, budaya, ekonomi, sosial dan politik dari masing-
663