Page 668 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 668

Manajemen  Unit Program

                                     Belajar ]arak-]auh:

             Pengalaman  UPB]]-UT Bandung









                emenuhan  kebutuhan  masyarakat akan  pendidikan tinggi
          P
                 yang  murah dan  berkualitas tanpa meninggalkan aktivitas
                 rutinnya menjadi hal  yang  langka di  negeri ini.  Di sisi lain,
         perubahan  mendasar  berkaitan  dengan  pemberlakuan  sistem
         yang  memberikan  otonomi  luas  kepada  daerah,  menuntut
         perubahan  dalam  strategi  pengelolaan  pendidikan  dalam
         kerangka otonomi daerah (Zuhairi,  dkk,  2003).  Kewenangan  yang
         dimiliki  daerah  berdasarkan  UU  no.  22  tahun  1999  untuk
         mengatur  dan  mengendalikan  pembangunan  di  daerahnya
         masing-masing  berdampak  pada  kebutuhan  akan  Sumber  Daya
         Manusia (SDM) yang handal.
                Universitas Terbuka (UT) yang  didirikan pada tahun  1984,
         menerapkan  sistem  Pendidikan  Tinggi  Jarak  Jauh  (PT JJ)  dalam
         menyelenggarakan fungsinya  sebagai  lembaga pendidikan  tinggi.
         Pada  dasarnya,  sistem  yang  melandasi  pendidikan  terbuka  dan
         jarak  jauh  di  UT  terdiri  dari  sistem  dasar  (bahan  ajar,  proses
         pembelajaran,  dan  bahan  ujian)  dan  sistem  pengelolaan
         (registrasi, evaluasi dan distribusi). (Depdiknas,  UT,  2000).  Sistem
         PT  JJ  ini  akan  memunculkan  kendala  jika  tidak  dikelola  dengan
         baik  dan  tanpa  melibatkan  anggota  masyarakat  mengingat
         kondisi geografis, budaya, ekonomi,  sosial dan politik dari masing-



                                                                 663
   663   664   665   666   667   668   669   670   671   672   673