Page 15 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 15
latar belakang pendidikan bagi peserta didiknya, yaitu lulusan
SL TA atau yang setara.
Bila buku PT JJ (1) membahas Pendidikan Terbuka dan
Jarak Jauh dalam pengertian yang masih umum, maka buku PT JJ
(2) secara khusus membahas berbagai aspek Perguruan Tinggi
Jarak Jauh, sehingga para pembaca diajak untuk mengenal lebih
jauh tentang apa PT JJ itu, dan bagaimana penyelenggaraannya.
Tulisan-tulisan dalam buku ini tidak bermaksud mengkaji secara
teoretis tentang PT JJ. Akan diterbitkan buku khusus tentang
kajian teoretis ini Sebagian besar tulisan dalam buku ini
didasarkan pada pengalaman penulis-penulisnya dalam ikut serta
menyelenggarakan Universitas Terbuka. Dengan demikian tidak
semua aspek PT JJ dibahas secara merata, namun diusahakan
aspek-aspek penting ditampilkan
Bab pertama buku ini dimulai dengan pembahasan
tentang dua hal Yang pertama, mengenai mengapa diperlukan
pendidikan jarak jauh dari segi pandangan tertentu, dan yang
kedua mengenai perguruan tinggi maya, suatu konsep pendidikan
tinggi yang sekarang menjadi tren perkembangan baru dalam
PT JJ. Bab-bab berikutnya membicarakan aspek-aspek PT JJ yang
masih bersifat "tradisional", dan yang sekarang ini berlaku di
mana-mana, terutama di negara berkembang, sehingga
pembahasannya masih sangat relevan.
Bab kedua dimulai dengan pembahasan tentang bahan
ajar, kemudian diteruskan dengan bab ketiga, yaitu pembahasan
proses pembelajaran, dan dilanjutkan dengan pembahasan bab
keempat: bantuan be/ajar Tiga aspek ini merupakan inti dari
pendidikan jarak jauh dalam semua tingkat Sebenarnya terdapat
satu aspek lain yang merupakan inti dari PT JJ, a tau inti dari
semua pendidikan, yaitu penilaian hasil be/ajar Aspek ini
dimasukkan dalam bab berikut, yaitu bab kelima, yang
membicarakan dampak pembelajaran
VI