Page 15 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 15

latar  belakang  pendidikan  bagi  peserta  didiknya,  yaitu  lulusan
        SL TA atau  yang  setara.
               Bila  buku  PT  JJ  (1)  membahas  Pendidikan  Terbuka  dan
        Jarak Jauh dalam pengertian yang masih umum,  maka buku PT JJ
        (2)  secara  khusus  membahas  berbagai  aspek  Perguruan  Tinggi
        Jarak Jauh,  sehingga  para  pembaca  diajak untuk  mengenal  lebih
        jauh  tentang  apa  PT JJ  itu,  dan  bagaimana  penyelenggaraannya.
        Tulisan-tulisan  dalam  buku  ini  tidak  bermaksud  mengkaji  secara
        teoretis  tentang  PT  JJ.  Akan  diterbitkan  buku  khusus  tentang
        kajian  teoretis  ini   Sebagian  besar  tulisan  dalam  buku  ini
        didasarkan pada  pengalaman  penulis-penulisnya dalam ikut serta
        menyelenggarakan  Universitas  Terbuka.  Dengan  demikian  tidak
        semua  aspek  PT  JJ  dibahas  secara  merata,  namun  diusahakan
        aspek-aspek penting ditampilkan
               Bab  pertama  buku  ini  dimulai  dengan  pembahasan
        tentang  dua  hal  Yang  pertama,  mengenai  mengapa  diperlukan
        pendidikan  jarak  jauh  dari  segi  pandangan  tertentu,  dan  yang
        kedua mengenai perguruan tinggi maya,  suatu konsep pendidikan
        tinggi  yang  sekarang  menjadi  tren  perkembangan  baru  dalam
        PT JJ.  Bab-bab berikutnya  membicarakan aspek-aspek PT JJ  yang
        masih  bersifat  "tradisional",  dan  yang  sekarang  ini  berlaku  di
        mana-mana,    terutama   di   negara   berkembang,   sehingga
        pembahasannya masih sangat relevan.
               Bab  kedua  dimulai  dengan  pembahasan  tentang  bahan
        ajar,  kemudian  diteruskan  dengan  bab  ketiga,  yaitu  pembahasan
        proses  pembelajaran,  dan  dilanjutkan  dengan  pembahasan  bab
        keempat:  bantuan  be/ajar  Tiga  aspek  ini  merupakan  inti  dari
        pendidikan jarak jauh  dalam semua tingkat Sebenarnya terdapat
        satu  aspek  lain  yang  merupakan  inti  dari  PT JJ,  a  tau  inti  dari
        semua  pendidikan,  yaitu  penilaian  hasil  be/ajar  Aspek  ini
        dimasukkan  dalam  bab  berikut,  yaitu  bab  kelima,  yang
        membicarakan dampak pembelajaran



        VI
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20