Page 60 - 29 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa : Pusat Di Bawah Rektor dan Pusat Di Dalam LPPM
P. 60

Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Monitoring (BAAPM)











                                                                                                                                                                     Setelah masa jabatan Sulaiman, berakhir, Kepala             Pada masa jabatannya sekarang, Razad
                                                                                                                                                                     BAAPM kembali dijabat oleh Achmad Razad.                    mengatakan bahwa masalah registrasi sudah
                                                                                                                                                                     Berbagai pembenahan dilakukan sejak tahun                   jauh berkurang dibandingkan sebelumnya.  Ia
                                                                                                                                                                     2008 untuk menciptakan pelayanan prima kepada               terus melakukan evaluasi secara rutin terhadap

                                                                                                                                                                     mahasiswa maupun kepada para pemangku                       masalah registrasi mahasiswa. Dengan demikian
                                                                                                                                                                     kepentingan terkait. Salah satu terobosan yang              diharapkan kasus nilai mahasiswa berkurang.
                                                                                                                                                                     dilakukan adalah mengubah sistem registrasi dari            Apalagi di UT sudah diberlakukan standar jaminan

                                                                                                                                                                     sistem manual menggunakan Tanda Bukti Setoran               kualitas (ISO) sehingga layanan BAAPM akan lebih
                                                                                                                                                                     (TBS) menjadi sistem elektronik atau lebih dikenal          terjaga.  Terkait penggunaan sistem elektronik
                                                                                                                                                                     dengan nama billing system.                                 dalam registrasi, ia menilai bahwa sesungguhnya
                                                                                                                                                                                                                                 dari segi fasilitas UT sudah memadai.  UT juga
                                                                                                                                                                     Menurut pria yang di UT dikenal dengan kalimat              perlu mengikuti perkembangan zaman tetapi juga

                                                                                                                                                                     khas “begini ceritanya” tersebut, masa transisi             harus tetap mempertimbangkan customer  serta
                                                                                                                                                                     sistem pembayaran registrasi merupakan masa                 kesiapan mitra kerja misalnya pihak bank.
                                                                                                                                                                     yang tidak terlalu sulit karena selalu ada petunjuk         “ Dari dulu kita sudah berkeinginan menjalankan

                                                                                                                                                                     kerja bagi bawahan. Bahkan peralihan sistem itu             billing system tetapi tidak terlaksana karena mitra
                                                                                                                                                                     sangat meringankan beban kerja UPBJJ. “Di UPBJJ             kita masih belum siap. Tapi 3 tahun terakhir ini
                                                                                                                                                                     pun pekerjaan jadi ringan, tidak perlu lagi seperti         karena tuntutan zaman mau tidak mau harus kita
                                                                                                                                                                     dulu. Dahulunya di setiap akhir registrasi mungkin          lakukan.  Alhamdulillah mitra kita juga mendukung,
                                                                                                                                                                     puluhan karung kita kerjakan dengan sangat manual           pimpinan UT juga sepakat dengan sistem tersebut.

                                                                                                                                                                     dan itu melelahkan. Atas dasar itu kita bicara dengan       Saat ini akurasi data meliputi uang registrasi
                                                                                                                                                                     teman-teman Puskom dan cara itu akhirnya dipakai.           mahasiswa sudah bagus dan data registrasi juga
                                                                                                                                                                     Saya kira pengarsipan pun jauh lebih nyaman,  kita          sudah bagus. Kita tidak perlu lagi menggunakan

                                                                                                                                                                     hanya perlu meja.  Memang awal-awalnya ada                  SDM banyak,” tegasnya.
                                                                                                                                                                     sedikit masalah di daerah terkait aplikasi baru ini dan
                  Drs. Achmad Razad                                                                                                                                  ada perubahan pola kerja. Itu hanya masalah waktu
                                                                                                                                                                     saja, nanti lama-lama juga biasa,” katanya.







                  54                                                                                                                                                                                                                  29 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa  55
   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65