Page 43 - 29 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa : Pusat Di Bawah Rektor dan Pusat Di Dalam LPPM
P. 43
Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Monitoring (BAAPM)
Sebagai manusia biasa, suami dari Luspinah dan Selama menjabat, lelaki yang memiliki hobi
telah dikaruniai 4 orang putra itu menyatakan membaca buku ini mengaku sangat terkesan
bahwa selama dia menjabat sebagai Kepala tentang kekompakan kerja di UT dalam melayani
BAAPM tentu juga ada sisi plus minusnya. Sisi mahasiswa. Namun dia berharap bahwa UT akan
positif atau kelebihannya adalah adanya dukungan mampu melakukan terobosan-terobosan baru
dan kekompakan dalam melayani mahasiswa dari berupa pelayanan mahasiswa berbasis TIK yang
semua unsur pimpinan UT. Sementara kekurangan mumpuni, misalnya dengan channel khusus
yang dia rasakan adalah teknologi pada saat pelayanan mahasiswa (registrasi, bantuan belajar,
itu belum terlalu canggih, sehingga pelayanan dan ujian) berbasis IT, termasuk melalui TV dan
mahasiswa masih bersifat semi manual sementara online. Selain itu, dia berharap secara bertahap
jumlah mahasiswa yang harus dilayani sangat UT menghilangkan ujian dengan bentuk pilihan
banyak. ganda menjadi ujian berbasis tugas-tugas
akademik seperti mahasiswa tatap muka. Hal
ini perlu untuk menghilangkan citra bahwa UT
menghasilkan lulusan yang setara ujian SMA
dan dapat direkayasa oleh siapa saja. Mengakhiri
perbincangan, dia menyampaikan motto hidup
yang sangat singkat namun bernas, yaitu, “Buatlah
hidup berguna untuk semua orang”.
36 29 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa 37