Page 131 - 29 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa : Biro Administrasi umum dan Keuangan (BAUK), Biro Administrasi Akademik, Perencanaan, dan Monitoring (BAAPM)
P. 131

Pusat  Pengujian











                  Selanjutnya, pada tahun 2012 dikembangkan                   pentingnya layanan bagi stakeholder dan selalu                                         Pengalaman bertemu dengan mahasiswa                         Ibu yang menyelesaikan pendidikan S-2-nya
                  aplikasi dan database SUO Uraian baik yang terkait          berusaha memberikan layanan secara akurat dan                                          juga memberi kesan tersendiri bagi Irma.                    dari Universitas Indonesia ini sangat bersyukur
                  dengan tugas-tugas di UT Pusat maupun aplikasi              tepat waktu”.                                                                          Dari pertemuan-pertemuan tersebut ia bisa                   mempunyai keluarga yang men-support
                  peragaan di UPBJJ-UT.                                                                                                                              mendapatkan gambaran tentang kerja keras                    pekerjaannya. “Bekerja di Pusjian mensyaratkan.

                                                                              Disinggung mengenai perkembangan UT saat ini,                                          mahasiswa dalam menyelesaikan studinya di                   kemampuan dan kemauan untuk menyediakan
                  Menurutnya, tugas dan tanggung jawab sebagai                menurut Irma, sejak berdirinya pada tahun 1984 UT                                      UT. “Apa pun motivasi mereka, tetapi dalam                  waktu lebih bagi pekerjaan (bersedia bekerja
                  Kepala Pusjian lebih banyak bersifat manajerial.            sekarang sudah sangat maju baik dari segi sarana                                       berbagai keterbatasan, misalnya letak geografis             lembur) karena kita bekerja dengan target dan

                  “Tetapi itu tidak berarti bahwa kita tidak perlu            prasarana maupun dari segi budaya kerja. “Sebagian                                     yang sangat sulit untuk akses ke kantor UPBJJ-              deadline waktu. Selain itu, produk hasil kerja di
                  memahami proses bisnis di unit tersebut. Tahun-             besar staf UT sudah mengetahui apa yang harus                                          UT, atau keterbatasan informasi, mereka tetap               Pusjian juga menuntut penjagaan yang ketat
                  tahun pertama saya di Pusjian merupakan tahun               dikerjakannya, apa yang menjadi tanggung                                               berupaya mengikuti proses pembelajaran. Ada                 dari segi keamanan dan kerahasiaannya. Dengan
                  belajar yang cukup menantang buat saya, dan                 jawabnya, dan bagaimana hubungan pekerjaannya                                          juga mahasiswa yang berkali-kali gagal lulus                sifat pekerjaan yang demikian, maka  pengertian
                  sampai sekarang sebenarnya saya masih tetap                 dengan pekerjaan lainnya. Jika target pekerjaannya                                     dalam suatu mata kuliah tetapi tetap bersedia               dan support dari keluarga menjadi sangat

                  belajar memahami proses-proses pengujian yang               tidak tercapai hal ini akan mengganggu proses kerja                                    mengikuti ujian ulang. Hal-hal seperti inilah yang          penting”, ujarnya menutup pembicaraan.
                  lebih detail dalam kaitannya dengan operasional             selanjutnya. Selain itu koordinasi antar unit  juga                                    membuat saya berupaya untuk memberikan
                  UT secara keseluruhan”, tuturnya. Lebih lanjut              telah berjalan baik”, tuturnya. Ia berharap di masa                                    layanan yang lebih baik lagi bagi mahasiswa

                  ia menambahkan, “Pada saat saya mulai ke                    depan UT tetap menjadi universitas yang terdepan                                       terutama dalam hal penyediaan naskah ujian
                  Pusjian, yang penting bagi saya adalah mampu                di Indonesia dalam menyelenggarakan pendidikan                                         dan penyelesaian kasus-kasus nilai ujian, sesuai
                  memahami proses kerja pengujian secara umum,                jarak jauh, dan menjadi salah satu PTJJ unggulan                                       dengan tanggung jawab saya di Pusjian",
                  dapat meneruskan proses kerja yang sudah baik               di dunia. “Mengingat tantangan yang cukup berat,                                       paparnya.
                  dan mencoba mencari solusi untuk mengatasi                  di masa depan UT harus dipimpin oleh seorang

                  proses kerja yang masih mengalami hambatan.                 yang tidak hanya memiliki orientasi di bidang
                  Dengan berjalannya waktu, saya menyadari bahwa              pendidikan tetapi juga mempunyai “bussines
                  Pusjian adalah sebuah subunit yang lebih banyak             orientation” dalam arti mampu mengoptimalkan

                  memberikan layanan yaitu menyediakan naskah                 penggunaan sarana prasarana yang saat ini dimiliki
                  ujian dan menerbitkan nilai ujian bagi mahasiswa.           oleh UT agar UT mampu membiayai sendiri biaya
                  Oleh karena itu saya selalu menekankan                      operasionalnya”, lanjutnya.









                  124                                                                                                                                                                                                                 29 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa  125
   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136