Page 130 - 29 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa : Biro Administrasi umum dan Keuangan (BAUK), Biro Administrasi Akademik, Perencanaan, dan Monitoring (BAAPM)
P. 130
Pusat Pengujian
Selanjutnya, pada tahun 2012 dikembangkan pentingnya layanan bagi stakeholder dan selalu Pengalaman bertemu dengan mahasiswa Ibu yang menyelesaikan pendidikan S-2-nya
aplikasi dan database SUO Uraian baik yang terkait berusaha memberikan layanan secara akurat dan juga memberi kesan tersendiri bagi Irma. dari Universitas Indonesia ini sangat bersyukur
dengan tugas-tugas di UT Pusat maupun aplikasi tepat waktu”. Dari pertemuan-pertemuan tersebut ia bisa mempunyai keluarga yang men-support
peragaan di UPBJJ-UT. mendapatkan gambaran tentang kerja keras pekerjaannya. “Bekerja di Pusjian mensyaratkan.
Disinggung mengenai perkembangan UT saat ini, mahasiswa dalam menyelesaikan studinya di kemampuan dan kemauan untuk menyediakan
Menurutnya, tugas dan tanggung jawab sebagai menurut Irma, sejak berdirinya pada tahun 1984 UT UT. “Apa pun motivasi mereka, tetapi dalam waktu lebih bagi pekerjaan (bersedia bekerja
Kepala Pusjian lebih banyak bersifat manajerial. sekarang sudah sangat maju baik dari segi sarana berbagai keterbatasan, misalnya letak geografis lembur) karena kita bekerja dengan target dan
“Tetapi itu tidak berarti bahwa kita tidak perlu prasarana maupun dari segi budaya kerja. “Sebagian yang sangat sulit untuk akses ke kantor UPBJJ- deadline waktu. Selain itu, produk hasil kerja di
memahami proses bisnis di unit tersebut. Tahun- besar staf UT sudah mengetahui apa yang harus UT, atau keterbatasan informasi, mereka tetap Pusjian juga menuntut penjagaan yang ketat
tahun pertama saya di Pusjian merupakan tahun dikerjakannya, apa yang menjadi tanggung berupaya mengikuti proses pembelajaran. Ada dari segi keamanan dan kerahasiaannya. Dengan
belajar yang cukup menantang buat saya, dan jawabnya, dan bagaimana hubungan pekerjaannya juga mahasiswa yang berkali-kali gagal lulus sifat pekerjaan yang demikian, maka pengertian
sampai sekarang sebenarnya saya masih tetap dengan pekerjaan lainnya. Jika target pekerjaannya dalam suatu mata kuliah tetapi tetap bersedia dan support dari keluarga menjadi sangat
belajar memahami proses-proses pengujian yang tidak tercapai hal ini akan mengganggu proses kerja mengikuti ujian ulang. Hal-hal seperti inilah yang penting”, ujarnya menutup pembicaraan.
lebih detail dalam kaitannya dengan operasional selanjutnya. Selain itu koordinasi antar unit juga membuat saya berupaya untuk memberikan
UT secara keseluruhan”, tuturnya. Lebih lanjut telah berjalan baik”, tuturnya. Ia berharap di masa layanan yang lebih baik lagi bagi mahasiswa
ia menambahkan, “Pada saat saya mulai ke depan UT tetap menjadi universitas yang terdepan terutama dalam hal penyediaan naskah ujian
Pusjian, yang penting bagi saya adalah mampu di Indonesia dalam menyelenggarakan pendidikan dan penyelesaian kasus-kasus nilai ujian, sesuai
memahami proses kerja pengujian secara umum, jarak jauh, dan menjadi salah satu PTJJ unggulan dengan tanggung jawab saya di Pusjian",
dapat meneruskan proses kerja yang sudah baik di dunia. “Mengingat tantangan yang cukup berat, paparnya.
dan mencoba mencari solusi untuk mengatasi di masa depan UT harus dipimpin oleh seorang
proses kerja yang masih mengalami hambatan. yang tidak hanya memiliki orientasi di bidang
Dengan berjalannya waktu, saya menyadari bahwa pendidikan tetapi juga mempunyai “bussines
Pusjian adalah sebuah subunit yang lebih banyak orientation” dalam arti mampu mengoptimalkan
memberikan layanan yaitu menyediakan naskah penggunaan sarana prasarana yang saat ini dimiliki
ujian dan menerbitkan nilai ujian bagi mahasiswa. oleh UT agar UT mampu membiayai sendiri biaya
Oleh karena itu saya selalu menekankan operasionalnya”, lanjutnya.
124 29 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa 125