Page 148 - 28 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa : Rektorat dan Lembaga
P. 148

Ketua Lembaga Penelitian (Lemlit)                                                                                                                                                                                         28 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa













                  Pengalamannya selama menduduki jabatan                      Oleh sebab itu, ia pun sangat mendukung                                                Menurut pengamatan Simanjuntak, setiap tahun jumlah penelitian yang dihasilkan oleh para dosen

                  sebagai Ketua Lembaga Penelitian UT                         kegiatan penelitian atau eksperimentasi yang                                           UT semakin tumbuh dan berkembang. Bukan hanya penelitian yang dibiayai oleh UT saja, melainkan
                  diungkapkannya dalam bentuk kutipan berikut.                dilakukan oleh koleganya di lembaga penelitian                                         penelitian-penelitian yang dibiayai oleh Dirjen Dikti. Pada waktu itu, UT adalah pemegang monopoli
                  “Pada waktu itu masih banyak masyarakat                     pada waktu itu, antara lain Tian Belawati, FX                                          penyelenggaraan pendidikan jarak jauh. Akan tetapi, dengan melihat beberapa Open University yang telah
                  yang meragukan proses belajar mengajar                      Hardhono, Toha Anggoro. Selain itu, masih ada                                          menerapkan teknologi informasi yang lebih maju, ia pun berkeyakinan bahwa, apabila UT ingin survive,

                  yang diterapkan oleh UT. Bahkan yang sangat                 kolega lainnya yang ketika itu berharap agar UT                                        UT tidak cukup lagi hanya mengandalkan modul dan tutorial. “Harus ada continuous quality improvement
                  memprihatinkan saya pada waktu itu, dalam satu              segera menciptakan proses belajar mengajar                                             dalam proses belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi informasi. Harapan saya tentang figur
                  kesempatan pertemuan dengan Dirjen Dikti di                 jarak jauh secara interaktif. Dalam hal capaian,                                       Rektor UT masa depan haruslah memiliki kemampuan atau kompetensi akademik, serta teknis administratif.
                  ruangan rektor, UT itu harus cepat bisa menjadi             Simanjuntak mengakui bahwa tidak ada kontribusi                                        Rektor UT juga harusnya seorang visioner yang cepat membaca perubahan situasi saat ini, yang mampu

                  perguruan tinggi beneran. Jadi sepertinya,                  berarti dari dirinya selama memimpin di Lembaga                                        menjawab kondisi yang mungkin terjadi. Tantangan-tantangannya juga harus diprediksi”, ujarnya.
                  Dirjen menganggap UT selama ini adalah                      Penelitian. Ia pun mengakui bahwa dirinya tidak
                  perguruan tinggi pura-pura atau bohongan.                   menguasai teknologi informasi yang saat itu
                  Hal ini menyebabkan banyak sivitas akademika                sangat diperlukan oleh UT. Ia hanya berusaha

                  UT marah. Dan inilah yang menyebabkan saya                  menumbuhkan semangat kerja sama staf,
                  bercita-cita agar lembaga penelitian melalui pusat-         keterbukaan, kebersamaan, keharmonisan kerja
                  pusat penelitiannya, segera mengembangkan                   antarstaf, antarpimpinan, staf dan pimpinan, serta
                  proses belajar-mengajar jarak jauh dengan  cara             kekompakkan kerja dalam lembaga.

                  yang hampir sama dengan tatap muka langsung
                  berbantuan teknologi”.



















                  146                                                                                                                                                                                                                                                             147
   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153