Page 18 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku II)
P. 18
2
Tabel 1 Perbedaan Kegiatan Pembelajaran dan Pengelolaan antara UT dan PT Tatap Muka
No Komponen Universitas Terbuka PT Tatap Muka
A. Kegiatan Mahasiswa
1 Registrasi Terbuka sepanjang tahun, Periodik 1-2 kali setahun
desentralisasi registrasi melalui Unit Program Belajar Jarak Jauh terpusat di kampus
Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) .
Formulir registrasi I tersebar melalui Kantor Pos Penjual Formulir.
Registrasi ulang dan ujian dilakukan melalui BRI di seluruh
Indonesia
2 Membayar SPP Terbuka sepanjang tahun, Periodik 1-2 kali setahun di
melalui BRI seluruh Indonesia kampus
3 Memilih mata kuliah Ditawarkan sepanjang tahun untuk semua mata kuliah Terjadwal per semester untuk
mata kuliah tertentu
4 Penyediaan bahan ajar UT menjamin bahan ajar tersedia di UPBJJ-UT. Tidak ada keharusan
Mahasiswa memperoleh bahan ajar di menyediakan bahan ajar oleh
UPBJJ-UT di seluruh Indonesia. institusi
Diwajibkan menyediakan bahan ajar untuk setiap mata kuliah dari
suatu program studi yang ditentukan oleh UT.
B. Pengembangan Kurikulum, Bahan Ajar dan Bahan Ujian
5 Kurikulum dan bahan ajar • Dilakukan secara tim di bawah koordinasi dan pengelolaan Oleh dosen mata kuliah yang
multimedia UT dengan melibatkan staf akademik UT, ahli media, ahli bersangkutan
evaluasi dan beberapa dosen perguruan tinggi negeri (PTN)
sebagai pengembang kurikulum, penulis bahan ajar,
penelaah kurikulum, dan penelaah bahan ajar.
• Pengembangan master bahan ajar dikoordinasikan oleh
Pusat Penerbitan UT.
• Penggandaan bahan ajar bekerja sama dengan mitra
6 Bahan ujian • Dilakukan secara tim di bawah koordinasi dan pengelolaan Oleh dosen mata kuliah yang
UT dengan melibatkan staf akademik UT, ahli evaluasi, ahli bersangkutan
media, dan beberapa dosen PTN sebagai penulis dan
penelaah bahan ujian. Pengembangan master dan
penggandaan bahan ujian dilaksanakan oleh Pusat Pengujian
C. Proses Pembelajaran
7 Bahan ajar Bahan ajar berbentuk dan meliputi multi media, bahan suplemen, Buku teks, diktat
program TV, radio, rekam audio, web, PBK, rekam video, atau
buku teks yang disertai petunjuk belajar
8 Penyampaian bahan ajar • Penentuan jumlah per lokasi, penataan, pengepakan, Tatap muka di kelas oleh
penulisan alamat pengiriman bahan ajar cetak maupun dosen
noncetak sesuai lokasi, program studi, dan mata kuliah
�
��������������������������������������������������������������������
��