Page 300 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 300
bekerja dan sebagian memperoleh pembiayaan pula. Meski telah
mengeluarkan biaya, instansi atau institusi tersebut malah
memperoleh keuntungan, yaitu para stafnya tidak perlu mening-
galkan tugasnya sehari-hari saat mengikuti perkuliahan di UT.
Salah satu mitra kerja UT yang paling banyak mengirim
mahasiswanya adalah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan
Menengah (Ditjen Dikdasmen). Instansi ini sudah bekerja sama
dengan UT sejak awal 1990-an untuk mendidik guru-guru
sekolah dasar negeri yang rata-rata hanya berlatar pendidikan
Sekolah Pendidikan Guru (SPG) dan jumlahnya mencapai dua
juta orang. Mereka mendapat pendidikan setara dengan program
D2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (D2 PGSD). Hal ini sesuai
dengan niat Pemerintah untuk meningkatkan kemampuan para
guru sebagai upaya menjawab tantangan kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Untuk itu para pendidik atau guru
perlu dibekali kemampuan mengajar yang lebih inovatif agar
dapat mengimbangi meningkatnya kemampuan masyarakat
didik.
Pemilihan UT sebagai mitra kerja amat tepat karena selama
mengikuti pendidikan mereka tidak perlu meninggalkan tugas-
nya. Di samping itu, UT dapat menampung mahasiswa dalam
jumlah besar karena perkuliahannya tidak memerlukan ruangan,
bahkan kampus sekalipun, seperti pada perguruan tinggi
konvensional. Jumlah mahasiswa yang mengikuti program studi
Pendas terus meningkat dari tahun ke tahun.
276