Page 40 - Nyala Daya Juang Para Guru Bangsa : Kisah Inspiratif Mahasiswa FKIP UT Seri 2
P. 40
Bahan alami dan pabrikan
dapat dimanfaatkan untuk
media pembelajaran dengan
konsep Science, Technology,
Engineering, Art, and Math
(STEAM), yaitu suatu konsep
belajar yang mementingkan
kreativitas anak untuk
memecahkan masalah yang
berkaitan dengan hal-hal teknis
atau sains. Metode ini tidak
berfokus pada materi eksak,
tetapi mengasah keterampilan
praktis, seperti keterampilan
Gambar 3. Vera sedang sosial, emosional, dan
memberikan Les Privat dan
Bimbingan Belajar untuk belajar komunikasi untuk memecahkan
menulis dan menggambar masalah kompleks.
Media yang coba digunakan adalah media loose parts dengan
desain pembelajaran model STEAM (Science, Technology, Engineering,
Art dan Mathematics). Media loose parts merupakan benda-benda
lepasan yang dapat digunakan sebagai media permainan konstruktif
dengan mengombinasi, membuat susunan, merakit, dan lain sebagainya
sesuai dengan keinginan anak untuk mengoptimalkan perkembangan
kreativitas. Dunia PAUD adalah dunia bermain. Pada jenjang PAUD,
pembelajaran dengan metode STEAM dan media loose parts dikemas
dalam bentuk bermain dan bereksplorasi. Metode ini bertujuan agar
anak terpicu menjadi lebih kritis dan kreatif melalui kegiatan eksplorasi,
pengamatan, mengajukan pertanyaan, merancang, memprediksi,
menguji, dan memecahkan masalah.
Media loose parts tidak hanya dapat diterapkan di satu pelajaran,
tetapi dapat diterapkan di mata pelajaran lainnya secara terintegrasi. TK
Maitreyawira Jakarta telah menerapkan pembelajaran dengan metode
STEAM sejak Januari 2021 sampai sekarang. Pada Metode STEAM
dengan memanfaatka media loose parts, pendidik menyediakan
beberapa bahan loose part, seperti benda alami yaitu batu-batuan,
Nyala Daya Juang Para Guru Bangsa Seri 2
28 Kisah Inspiratif Mahasiswa FKIP UT