Page 40 - Nyala Daya Juang Para Guru Bangsa : Kisah Inspiratif Mahasiswa FKIP UT Seri 2
P. 40

Bahan alami dan pabrikan
                                                   dapat   dimanfaatkan   untuk
                                                   media pembelajaran dengan
                                                   konsep  Science,  Technology,
                                                   Engineering,  Art,  and  Math
                                                   (STEAM),  yaitu  suatu konsep
                                                   belajar yang mementingkan
                                                   kreativitas   anak     untuk
                                                   memecahkan masalah yang
                                                   berkaitan dengan hal-hal teknis
                                                   atau sains. Metode ini tidak
                                                   berfokus  pada  materi  eksak,
                                                   tetapi mengasah keterampilan
                                                   praktis, seperti keterampilan
                        Gambar 3. Vera sedang      sosial,   emosional,     dan
                      memberikan Les Privat dan
                    Bimbingan Belajar untuk belajar   komunikasi untuk memecahkan
                      menulis dan menggambar       masalah kompleks.
                     Media yang coba digunakan adalah media  loose  parts dengan
                 desain pembelajaran model STEAM (Science, Technology, Engineering,
                 Art  dan  Mathematics).  Media  loose  parts  merupakan benda-benda
                 lepasan yang dapat digunakan sebagai  media  permainan konstruktif
                 dengan mengombinasi, membuat susunan, merakit, dan lain sebagainya
                 sesuai dengan keinginan anak untuk mengoptimalkan perkembangan
                 kreativitas.  Dunia PAUD adalah dunia bermain. Pada jenjang PAUD,
                 pembelajaran dengan metode STEAM dan media loose parts dikemas
                 dalam bentuk bermain dan bereksplorasi. Metode ini bertujuan agar
                 anak terpicu menjadi lebih kritis dan kreatif melalui kegiatan eksplorasi,
                 pengamatan,  mengajukan  pertanyaan,  merancang,  memprediksi,
                 menguji, dan memecahkan masalah.
                     Media loose parts tidak hanya dapat diterapkan di satu pelajaran,
                 tetapi dapat diterapkan di mata pelajaran lainnya secara terintegrasi. TK
                 Maitreyawira Jakarta telah menerapkan pembelajaran dengan metode
                 STEAM sejak Januari 2021 sampai sekarang. Pada Metode STEAM
                 dengan memanfaatka media loose parts, pendidik menyediakan
                 beberapa bahan  loose  part, seperti benda alami yaitu batu-batuan,


                       Nyala Daya Juang Para Guru Bangsa Seri 2
                 28    Kisah Inspiratif Mahasiswa FKIP UT
   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45