Page 112 - Menggunakan Microsoft 365 sebagai Daya Dukung Kerja Remote (Work From Home)
P. 112
5. Dari popup menu yang tampil pilih menu Remove from group hingga
member yang dimaksud terhapus dari Group membership.
3.11. Hak akses dan mengelola lebih jauh akses di Microsoft SharePoint
Setiap site pada Microsoft SharePoint dilengkapi dengan group dan
hak akses secara default. Pada situasi situs sebagai alat kolaborasi
berbagi file, informasi, bekerja bersama maka akses penuh tentu
sangat efektif untuk digunakan. Tapi pada kondisi tertentu, misalnya
sebuah file, data atau informasi hanya perlu dibaca saja oleh orang
tertentu, maka perlu dilakukan akses terbatas terhadap site. Pada site
Microsoft SharePoint ada pilihan akses untuk mengubah, mengatur
atau hanya baca saja.
Opsi akses yang ditawarkan oleh Microsoft SharePoint adalah fitur
akses yang bisa pada tingkat dokumen sampai pada tingkat akses
folder terbatas.
3.11.1. Ijin akses bawaan site Microsoft SharePoint
Secara default site Microsoft SharePoint memiliki 3 group ijin akses,
yaitu Owner, Member dan Visitor:
• Owner: memiliki kontrol penuh pada site.
• Member: dapat menambah, edit pada site.
• Visitor: hanya bisa membaca pada site.
Pada saat site Microsoft SharePoint pada proses pembuatan, pada
hanya ada 2 ijin akses yang akan muncul untuk dipilih, yaitu: Owner
dan Member. Sedangkan Visitor bisa diberikan setelah site terbuat. Di
bawah ini adalah Tabel Matriks ijin akses untuk 3 opsi.
Tabel 3.1. Matriks ijin akses Owner, Member, dan Visitor.
Team site Team site
(Private) (Public) Communication site
Owner memilih
pengguna memilih pengguna memilih pengguna
Member memilih Semua orang kecuali Semua orang kecuali
pengguna penggunal luar pengguna luar
Visitors - - -
66 Menggunakan Microsoft 365 Sebagai Daya Dukung Kerja Remote (Work From Home)
11/2/2023 5:38:27 PM
UT_155x230_MICROSOFT 365.indd 66
UT_155x230_MICROSOFT 365.indd 66 11/2/2023 5:38:27 PM