Page 53 - 39 Tahun Universitas Terbuka: Tatanan dan Budaya Kerja Baru Mewujudkan Indonesia Maju
P. 53

52 Bagian 1





                  Dengan PTN BH, kita menjadi lebih leluasa

                  lagi untuk memilih apakah kita mau menjadi
                  entrepreneurial  university,  research  university,
                  resource  university,  managing  university, atau
                  teaching university atau kombinasi. Apabila pada

                  saatnya nanti UT harus  self-support  university
                  secara finansial, kita harus menjadi entrepreneur
                  university.



                  Di dunia  marketing, kita mengenal  product  live
                  cycle. Demikian juga dengan hidup ini, seperti
                  sebuah lingkaran.  Akhir suatu perjalanan  itu              terobosan berbeda. Pilihan terobosan dapat
                  merupakan  awal  perjalanan  berikutnya.  Belajar           bergerak, mulai dari market penetration (layanan

                  dari  data  sebelumnya,  pada  2017  misalnya,  UT          lama memasuki pasar lama), service development
                  pernah melayani mahasiswa di seputar angka                  (layanan baru memasuki pasar lama),  market
                  500 ribu orang. Dalam konteks product live cycle,           development (layanan lama memasuki pasar
                  itu saat puncak capaian  jumlah mahasiswa                   baru), dan diversification (layanan baru memasuki

                  disebut sebagai maturity stage. Setelah itu, secara         pasar baru).
                  teoretis, terjadi declining stage.
                                                                              Sekarang dan ke depan, kita harus segera lebih
                  Untuk mengembalikan “kejayaan” tersebut,                    fokus  pada  diversifikasi,  baik  pasar  maupun

                  diperlukan  terobosan  yang  disebut  sebagai               layanan, dengan mengembangkan layanan baru
                  product/service  extension.  Inilah  yang  mesti            untuk pasar baru. Hal ini merupakan terobosan
                  dilakukan FKIP segera melalui terobosan strategis.          strategis, taktis, dan futuristis  yang menjadi
                  Kita dapat memilih empat orientasi dengan pilihan           pilihan. Memetik manfaat era digital melalui
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58