Page 91 - 38 Tahun Universitas Terbuka: Bangkit dan Maju Bersama dalam Tatanan Baru UT PTN BH
P. 91

TATANAN BARU
                                                                                                     UNIVERSITAS TERBUKA PTN BH






                  3.  Adanya era  volatility, uncertainty, complexity,        Fokus tema strategis adalah UT didukung oleh              87

                      dan ambiguity (VUCA)-turbulence, uncertainty,           ekosistem pendidikan  yang kokoh dengan
                      novelty, dan ambiguity (TUNA) ketika keadaan            capaian melakukan inovasi keberlanjutan agar
                      dunia yang semakin rentan, tidak pasti, rumit,          memperkokoh ekosistem pendidikan digital
                      dan membingungkan menyebabkan perlunya                  untuk memosisikan institusi UT dalam world class
                      UT beradaptasi dalam beragam disrupsi yang              university dengan keunggulan karakter  open
                      akan terjadi. Era VUCA-TUNA dalam konteks               university. Tercapainya infrastruktur yang memiliki
                      pendidikan menciptakan jurang teknologi                 standar world class university menjadi perhatian
                      dan informasi antara digital immigrants (guru)          penting untuk UT. Pengakuan menjadi  world
                      dan digital natives (siswa). Para pendidik harus

                      adaptif dengan berbagai macam dinamisasi                class university perlu dibangun dengan standar
                      pendidikan agar tujuan pendidikan dapat                 global. Menurut penelitian yang dilakukan Aithal
                      tercapai.                                               dan Aitha (2019), ada enam komponen penting
                  4.  Munculnya  startup berbentuk  educational               untuk membangun infrastruktur berkelas global.
                      technology  (edutech). Startup  edutech  telah
                      berkembang pesat di Indonesia seiring
                      dengan tren digital  yang berkembang luas

                      di masyarakat. Berdasarkan data Holoniq
                      (platform pengumpul data  startup  edutech                           UT didukung oleh
                      global), kapitalisasi pasar  edutech  di Asia                    ekosistem pendidikan
                      Tenggara mencapai US$480 juta (sekitar
                      Rp6,82  triliun)  dalam  kurun  2015—2020.                         yang kokoh dengan
                      Manfaat ini memberikan potensi munculnya                            capaian melakukan
                      pemain startup edutech baru yang berlomba-
                      lomba     menghadirkan       beragam      inovasi                  inovasi keberlanjutan.
                      layanan. Munculnya startup edutech menjadi

                      tantangan bagi UT untuk senantiasa berinovasi
                      dalam memberikan layanan pendidikan.
   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96