Page 45 - Science and Technology For Society 5.0
P. 45

8   ~ Seminar Internasional FST UT 2021 ~


          ( ,u r e ) U R     sedemikian sehingga  ( ,u r e ) F e  ( ) U  , r   (Fatimah et
                                                           R
                                                        e
          al.,  2018a).    -soft  sets  dapat  direpresentasikan  dalam  bentuk  tabular
          seperti terlihat pada Tabel 3.

                                                   )
                            Tabel 3.   -Soft Sets  (   , ,F A N

            (  ,   ,   )                            …            
                                                                   
                                            
                               
                           {   }        {   }       …         {   }
                                                                1  
                            11
                                         12
                1
                           {   }        {   }       …         {   }
                                                                2  
                            21
                2
                                         22
              …           …              …          …          …
                           {   }        {   }       …         {   }
                              1
                  
                                                                    
                                           2
          Sumber: Fatimah et al., 2018a

             Untuk data yang tidak lengkap, Fatimah et al., (2018a) mendefinisikan
          incomplete    -soft  sets  dengan  definisi  sebagai  berikut.  Jika  untuk  setiap
          e A  dan  u U  pada   -soft sets terdapat setidaknya satu  ( ,u r  )  U R
                                                               e
                                   ( )
          sedemikian sehingga ( ,u r  )F e  maka disebut incomplete   -soft sets dan
                              e
                                  )
                              *
          dinotasikan  dengan  ( , ,F A N .  Contoh  incomplete    -soft  sets  terkait
          Sustainable Development Goals (SDGs) dapat dilihat pada Contoh 2.
                                               u
             Contoh 2 (Fatimah, 2018). Misalkan  =U    ,  = i  i  1,  2, , 5 menyatakan
          lima  provinsi  di  Indonesia.  Misalkan  A =   ,  j =  1, 2,  , 6  menyatakan
                                              a
                                               j
          enam  parameter  untuk  mewujudkan  pendidikan  sebagai  wahana
          pembangunan  manusia.  Penjelasan  masing-masing  parameter  sebagai
          berikut.
               :  meningkatkan  akses  layanan  pendidikan,  pelatihan,  keterampilan
           1
               untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan formal;
                :  meningkatkan pengelolaan dan penempatan guru secara tepat;
           2
                :  meningkatkan pemerataan akses pendidikan tinggi;
           3
                :  meningkatkan kualitas pendidikan tinggi;
           4
                :  meningkatkan relevansi dan daya saing pendidikan tinggi; dan
           5
                :  meningkatkan tata kelola kelembagaan perguruan tinggi
           6
   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50