Page 45 - Science and Technology For Society 5.0
P. 45
8 ~ Seminar Internasional FST UT 2021 ~
( ,u r e ) U R sedemikian sehingga ( ,u r e ) F e ( ) U , r (Fatimah et
R
e
al., 2018a). -soft sets dapat direpresentasikan dalam bentuk tabular
seperti terlihat pada Tabel 3.
)
Tabel 3. -Soft Sets ( , ,F A N
( , , ) …
{ } { } … { }
1
11
12
1
{ } { } … { }
2
21
2
22
… … … … …
{ } { } … { }
1
2
Sumber: Fatimah et al., 2018a
Untuk data yang tidak lengkap, Fatimah et al., (2018a) mendefinisikan
incomplete -soft sets dengan definisi sebagai berikut. Jika untuk setiap
e A dan u U pada -soft sets terdapat setidaknya satu ( ,u r ) U R
e
( )
sedemikian sehingga ( ,u r )F e maka disebut incomplete -soft sets dan
e
)
*
dinotasikan dengan ( , ,F A N . Contoh incomplete -soft sets terkait
Sustainable Development Goals (SDGs) dapat dilihat pada Contoh 2.
u
Contoh 2 (Fatimah, 2018). Misalkan =U , = i i 1, 2, , 5 menyatakan
lima provinsi di Indonesia. Misalkan A = , j = 1, 2, , 6 menyatakan
a
j
enam parameter untuk mewujudkan pendidikan sebagai wahana
pembangunan manusia. Penjelasan masing-masing parameter sebagai
berikut.
: meningkatkan akses layanan pendidikan, pelatihan, keterampilan
1
untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan formal;
: meningkatkan pengelolaan dan penempatan guru secara tepat;
2
: meningkatkan pemerataan akses pendidikan tinggi;
3
: meningkatkan kualitas pendidikan tinggi;
4
: meningkatkan relevansi dan daya saing pendidikan tinggi; dan
5
: meningkatkan tata kelola kelembagaan perguruan tinggi
6