Page 30 - Membangun SDM Unggul melalui Digital Learning Ecosystem
P. 30
PEMANFAATAN TEKNOLOGI
DAN APLIKASI PENDUKUNG DLE-UT
• Usulan penulisan/revisi bahan ajar yang • Editor mengakses aplikasi untuk melakukan 29
disetujui, dilakukan Perjanjian Penulisan/ edit final.
Revisi Bahan Ajar antara UT dan penulis. • Layouter melakukan layout per modul,
• Ketua Program Studi meng-input Rancangan ilustrator membuat ilustrasi per modul dan
Mata Kuliah (RMK) usulan penulisan/revisi desain kover BMP.
bahan ajar yang telah disetujui. • Koordinator Bidang Penyiapan Naskah pada
• Atas dasar RMK dan Perjanjian Penulisan/ P2M2 menetapkan bahan ajar siap cetak (SC/
Revisi Bahan Ajar, penulis mengembangkan master).
bahan ajar per modul sesuai sks dan di-input
ke dalam aplikasi (ketik ke-1). Aplikasi SIMBA ini sangat bermanfaat bagi proses
• Penelaah menelaah modul yang telah ditulis pengembangan bahan ajar karena mempunyai
melalui aplikasi. beberapa kelebihan, yaitu mengintegrasikan
• Hasil penelaahan dikirim melalui aplikasi ke proses pengembangan bahan ajar dan
P2M2. menyimpan dokumen-dokumen bahan ajar
• Editor pada P2M2 melakukan edit ke-1 dan mulai dari pemetaan/usulan sesuai kurikulum
hasil edit ke-1 dikirimkan ke dan diakses oleh sampai dengan siap cetak (master). Secara
penulis melalui aplikasi untuk dilakukan ketik ideal, setiap proses di-input langsung ke dalam
ke-2. aplikasi sesuai dengan otoritas pengguna, baik
• Hasil ketik ke-2 dikirimkan ke P2M2 untuk pada level manajemen, penulis, editor, maupun
dilakukan edit ke-2 melalui aplikasi dan administrator. Selain itu, pemantauan proses
hasilnya dikirim ke penulis untuk dilakukan penulisan dapat dilakukan secara online sehingga
ketik ke-3. data terkait pengembangan bahan ajar dapat
• Penulis mengakses aplikasi untuk melakukan diketahui dengan cepat dan lebih akurat.
ketik ke-3 dan hasilnya dikirimkan ke P2M2
melalui aplikasi.