Page 67 - 30 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa: Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Berprestasi Tahun 2014 Jilid II
P. 67
30 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa UPBJJ-UT Palembang
Sederet prestasi telah dapat diraih pada masa Tidak ada keberhasilan tanpa dukungan. Maka itu ia Ia sangat peduli akan pemberdayaan dan Selain kualitas SDM, hal kedua yang mendapat
kepemimpinannya, diantaranya Sertifikat ISO sangat peduli dan selalu menjaga hubungan baik peningkatan kualitas SDM staf-nya. Hal pertama perhatian adalah sarana dan prasarana kerja untuk
9001:2008 dalam bidang Manajemen Layanan dengan semua pihak, termasuk dengan stafnya. yang dilakukannya ketika pertama kali menjabat staf. Pengadaan komputer, jaringan Internet,
Belajar Jarak Jauh pada tahun 2010, UPBJJ-UT Layaknya kebersamaan dalam sebuah keluarga, Kepala UPBJJ-UT Palembang adalah mendorong pembuatan aplikasi sederhana, semua ditujukan
Terbaik III dalam UPBJJ-UT Award dari Rektor pria penyuka ‘rangginang’ ini bahu-membahu kemampuan semua staf agar dapat melek ICT dan untuk efisiensi pelaksanaan pekerjaan staf. Setiap
pada tahun 2010, dan UPBJJ-UT terbaik II dalam dan tak sungkan-sungkan turun langsung terampil memanfaatkannya untuk memudahkan ruang dan bangunan kantor hingga tempat parkir
UPBJJ-UT Award dari pada tahun 2013, serta bersama staf mengelola UPBJJ-UT Palembang. dan mengefisiensikan berbagai pekerjaan. Semua mendapatkan perhatian bukan hanya untuk
memperoleh Sertifikat ISO 9001:2008 dalam bidang Sebagai pemimpin, beliau memberikan contoh staf harus dapat menggunakan “Microsfot Word” kenyamanan kerja staf tetapi bahkan terutama
Distance Learning Management pada tahun 2014,. keteladanan dalam bekerja dan membudayakan dan “Microsoft Excel” termasuk menggunakan untuk mahasiswa dan mitra. Ia mempersilakan
Banyaknya apresiasi terhadap prestasi selama budaya kerja yang disiplin dan penuh tanggung aplikasi UT (aplikasi registrasi dan entry nilai TTM) mitra seperti pengurus pokjar agar menganggap
memimpin UPBJJ-UT Palembang ternyata tidak jawab serta ‘ikhlas’ agar tercipta ketenangan dan dapat menggunakan internet (termasuk Kantor UPBJJ sebagai kantor kedua mereka.
membuat Jamaludin besar kepala. Ia tetaplah bekerja, kepercayaan bekerja, dan kesejahteraan membuka website UT) serta aktif memanfaatkan
pria sederhana yang suka keluar masuk ke pasar staf. Sebagai pemimpin ia juga sangat email. Jamaludin juga sangat memperhatikan hubungan
tradisional dengan pakaian sekenanya. “Bagi saya, demokratis dengan memberikan kepercayaan, baik dengan mitra. Upaya membangun kerja
menjadi Kepala UPBJJ merupakan amanah dan mendistribusikan dan mengkomunikasikan tugas- sama ini dilandasi prinsip saling percaya, saling
kepercayaan yang harus dijaga dan memberikan tugas, dan memberikan peluang dan kesempatan menguntungkan, pemberian layanan yang prima,
layanan terbaik kepada mahasiswa, mitra kerja, UT untuk berkembang, baik sisi akademik, manajerial serta sesuai dengan aturan yang berlaku. Dampak
Pusat dan stakeholder lainnya,” katanya. maupun kemampuan lainnya kepada setiap staf dari ini sangat terasa dengan meningkatnya
secara adil tanpa penganak-emasan. Penghargaan dukungan Pemda-Pemda berbentuk beasiswa,
diberikan bagi setiap staf yang menunjukkan kinerja khususnya untuk mahasiswa program S1 PGSD dan
terbaik. Namun, ia juga seorang yang tegas dalam S1 PGPAUD yang terus meningkat dari tahun ke
menghadapi staf yang melakukan pelanggaran. tahun.
60 61