Page 66 - 30 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa: Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Berprestasi Tahun 2014 Jilid II
P. 66

30 Tahun Universitas Terbuka Melayani Bangsa                                                                                                                                                                                                      UPBJJ-UT Palembang


















                  Sederet  prestasi  telah  dapat  diraih  pada  masa         Tidak ada keberhasilan tanpa dukungan. Maka itu ia                                     Ia  sangat  peduli  akan  pemberdayaan  dan                 Selain  kualitas  SDM,  hal  kedua  yang  mendapat
                  kepemimpinannya,  diantaranya  Sertifikat  ISO              sangat peduli dan selalu menjaga hubungan baik                                         peningkatan  kualitas  SDM  staf-nya.  Hal  pertama         perhatian adalah sarana dan prasarana kerja untuk
                  9001:2008  dalam  bidang  Manajemen  Layanan                dengan  semua  pihak,  termasuk  dengan  stafnya.                                      yang  dilakukannya  ketika  pertama  kali  menjabat         staf.  Pengadaan  komputer,  jaringan  Internet,

                  Belajar  Jarak  Jauh  pada  tahun  2010,  UPBJJ-UT          Layaknya  kebersamaan  dalam  sebuah  keluarga,                                        Kepala  UPBJJ-UT  Palembang  adalah  mendorong              pembuatan  aplikasi  sederhana,  semua  ditujukan
                  Terbaik  III  dalam  UPBJJ-UT  Award  dari  Rektor          pria  penyuka  ‘rangginang’  ini  bahu-membahu                                         kemampuan semua staf agar dapat melek ICT dan               untuk  efisiensi  pelaksanaan  pekerjaan  staf.  Setiap
                  pada  tahun  2010,  dan  UPBJJ-UT  terbaik  II  dalam       dan    tak   sungkan-sungkan       turun   langsung                                    terampil  memanfaatkannya  untuk  memudahkan                ruang dan bangunan kantor hingga tempat parkir
                  UPBJJ-UT  Award  dari  pada  tahun  2013,  serta            bersama  staf  mengelola  UPBJJ-UT  Palembang.                                         dan  mengefisiensikan  berbagai  pekerjaan.  Semua          mendapatkan  perhatian  bukan  hanya  untuk
                  memperoleh Sertifikat ISO 9001:2008 dalam bidang            Sebagai  pemimpin,  beliau  memberikan  contoh                                         staf  harus  dapat  menggunakan  “Microsfot  Word”          kenyamanan  kerja  staf  tetapi  bahkan  terutama

                  Distance Learning Management pada tahun 2014,.              keteladanan  dalam  bekerja  dan  membudayakan                                         dan  “Microsoft  Excel”  termasuk  menggunakan              untuk  mahasiswa  dan  mitra.  Ia  mempersilakan
                  Banyaknya  apresiasi  terhadap  prestasi  selama            budaya  kerja  yang  disiplin  dan  penuh  tanggung                                    aplikasi  UT  (aplikasi  registrasi  dan  entry  nilai  TTM)   mitra  seperti  pengurus  pokjar  agar  menganggap
                  memimpin  UPBJJ-UT  Palembang  ternyata  tidak              jawab  serta  ‘ikhlas’  agar  tercipta  ketenangan                                     dan  dapat  menggunakan  internet  (termasuk                Kantor UPBJJ sebagai kantor kedua mereka.

                  membuat  Jamaludin  besar  kepala.  Ia  tetaplah            bekerja,  kepercayaan  bekerja,  dan  kesejahteraan                                    membuka  website  UT)  serta  aktif  memanfaatkan
                  pria  sederhana  yang  suka  keluar  masuk  ke  pasar       staf.   Sebagai    pemimpin      ia   juga    sangat                                   email.                                                      Jamaludin juga sangat memperhatikan hubungan
                  tradisional  dengan  pakaian  sekenanya.  “Bagi  saya,      demokratis  dengan  memberikan  kepercayaan,                                                                                                       baik  dengan  mitra.  Upaya  membangun  kerja
                  menjadi  Kepala  UPBJJ  merupakan  amanah  dan              mendistribusikan  dan  mengkomunikasikan  tugas-                                                                                                   sama  ini  dilandasi  prinsip  saling  percaya,  saling
                  kepercayaan  yang  harus  dijaga  dan  memberikan           tugas, dan memberikan peluang dan kesempatan                                                                                                       menguntungkan, pemberian layanan yang prima,

                  layanan terbaik kepada mahasiswa, mitra kerja, UT           untuk  berkembang,  baik  sisi  akademik,  manajerial                                                                                              serta sesuai dengan aturan yang berlaku. Dampak
                  Pusat dan stakeholder lainnya,” katanya.                    maupun  kemampuan  lainnya  kepada  setiap  staf                                                                                                   dari  ini  sangat  terasa  dengan  meningkatnya
                                                                              secara adil tanpa penganak-emasan. Penghargaan                                                                                                     dukungan  Pemda-Pemda  berbentuk  beasiswa,

                                                                              diberikan bagi setiap staf yang menunjukkan kinerja                                                                                                khususnya untuk mahasiswa program S1 PGSD dan
                                                                              terbaik. Namun, ia juga seorang yang tegas dalam                                                                                                   S1  PGPAUD  yang  terus  meningkat  dari  tahun  ke
                                                                              menghadapi staf yang melakukan pelanggaran.                                                                                                        tahun.









                  60                                                                                                                                                                                                                                                                61
   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71