Page 14 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 14
penerapan ISO untuk pendidikan tinggi, alternatif mode
pendtdikan untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas, serta
konsep dan penerapan pembelajaran berkualitas di lapangan. Di
sampmg ttu, pada bab ini disajikan juga artikel mengenai
pemberdayaan warganegara sebagai aktor sosial yang
merupakan tantangan bagi pendidikan ilmu pengetahuan.
Sementara itu. dalam Bab 2 disajikan empat artikel yang
secara spesifik membahas kaitan antara globalisasi pendidikan
dan desentralisasi dengan dunia pendidikan di Indonesia. Secara
spestfik, pada bab ini disajikan artikel yang berkaitan dengan
n1asalah dan prospek globalisasi pendidikan yang dianalisis dari
berbagai dtmensi. Di samping itu, pada Bab 2 juga disajikan
pengembangan kurikulum dan bahan ajar dalam era
desentralisasi pendidtkan
Sementara ttu dalam Bab 3 disajikan empat artikel yang
berkaitan dengan dampak otonomi daerah terhadap pendid.ikan.
Pada Bab 3 ini dapat dijumpai artikel yang membahas secara
umum otonomi pendtdikan secara umum di samping juga artikel
yang mengulas peluang dan tantangan yang timbul akibat
otonomt pendtdtkan. Artikel lain membahas mengenai dampak
otonomi daerah terhadap tatanan kelembagaan pendidikan
sekolah. Pada Bab 3 disajikan pula ulasan mengenai penerapan
pembangunan ekonomi dan manusia pada kebijakan
perencanaan.
Pada bab terakhir dalam Cakrawala Pendidikan 2, Bab 4,
dtsaJtkan tujuh artikel dengan fokus bahasan e-learning dan
pendidikan. Pada bab tni dapat dijumpai artikel yang mengulas
ltku-ltku e-educa/ion, termasuk konsep dan perkembangan
teknologr yang mendukungnya. Disamping itu, pada Bab 4
disaJtkan pula penerapan e-learning dalam pendidikan di tingkat
menengah maupun pendidikan tinggi. Tidak ketinggalan. dalam
X