Page 13 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 13

..... ---------~ Pendahuluan





              Universitas  Terbuka  (UT)  sebagai  sebuah  perguruan
       tinggi  berkewajiban  untuk  menyebarluaskan  gagasan  dan
       pemikiran  yang  timbul  dalam  masyarakat.   Sejalan  dengan
       karakteristik  UT  sebagai  institusi  pendidikan  yang  menerapkan
       sistem  pendidikan  jarak  jauh,  penyebarluasan  konsep  dan
       pemikiran  ini  dikemas  melalui  media  baik  media  tercetak,
       terakam, maupun tersiar.
              Pada  tahun  1999,  UT  menerbitkan  buku  dengan  judul
       Cakrawafa  Pendidikan  yang  difokuskan  pada  pembahasan
       pendidikan  secara  umum.  Setelah  tiga  tahun,  pada  tahun  2002
       ini  UT  kembali  menerbitkan  Cakrawala  Pendidikan  seri  ke  dua
       (Cakrawafa  Pendidikan  2).  Tema  utama  dari  Cakrawafa
       Pendidikan  2  adalah  pemanfaatan  e-/earning  dalam  dunia
       pendidikan  di  Indonesia  dalam  era  globalisasi  dan  otonomi
       pendidikan.  Buku  Cakrawafa Pendidikan 2 ini dimaksudkan untuk
       memberikan  sumbangan  pemikiran  yang  berkaitan  dengan  e-
       /earning,  globalisasi,  dan  otonomi  pendidikan  yang  dampaknya
       tidak kecil terhadap dunia pendidikan Indonesia.


       Sistematika Buku
              Dengan tema "E-Iearning dalam Pendidikan di Indonesia",
       22  artikel dalam buku  Cakrawala  Pendidikan  2 ini dikelompokkan
       dalam  empat  bab,  yaitu:  Bab  1.  Pendidikan  Berkualitas,  Bab  2.
       Globalisasi  Pendidikan,  Bab  3.  Otonomi  Pendidikan,  dan  Bab  4.
       E-fearning dan Pendidikan.
              Pada  Bab  1 dapat  dibaca  tujuh  artikel  yang  difokuskan
       pada   perkembangan   pemikiran,   konsep,   dan   penerapan
       pendidikan  berkualitas.  Pada  bab  ini  disajikan  artikel  mengenai


                                                                ix
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18