Page 13 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 13
..... ---------~ Pendahuluan
Universitas Terbuka (UT) sebagai sebuah perguruan
tinggi berkewajiban untuk menyebarluaskan gagasan dan
pemikiran yang timbul dalam masyarakat. Sejalan dengan
karakteristik UT sebagai institusi pendidikan yang menerapkan
sistem pendidikan jarak jauh, penyebarluasan konsep dan
pemikiran ini dikemas melalui media baik media tercetak,
terakam, maupun tersiar.
Pada tahun 1999, UT menerbitkan buku dengan judul
Cakrawafa Pendidikan yang difokuskan pada pembahasan
pendidikan secara umum. Setelah tiga tahun, pada tahun 2002
ini UT kembali menerbitkan Cakrawala Pendidikan seri ke dua
(Cakrawafa Pendidikan 2). Tema utama dari Cakrawafa
Pendidikan 2 adalah pemanfaatan e-/earning dalam dunia
pendidikan di Indonesia dalam era globalisasi dan otonomi
pendidikan. Buku Cakrawafa Pendidikan 2 ini dimaksudkan untuk
memberikan sumbangan pemikiran yang berkaitan dengan e-
/earning, globalisasi, dan otonomi pendidikan yang dampaknya
tidak kecil terhadap dunia pendidikan Indonesia.
Sistematika Buku
Dengan tema "E-Iearning dalam Pendidikan di Indonesia",
22 artikel dalam buku Cakrawala Pendidikan 2 ini dikelompokkan
dalam empat bab, yaitu: Bab 1. Pendidikan Berkualitas, Bab 2.
Globalisasi Pendidikan, Bab 3. Otonomi Pendidikan, dan Bab 4.
E-fearning dan Pendidikan.
Pada Bab 1 dapat dibaca tujuh artikel yang difokuskan
pada perkembangan pemikiran, konsep, dan penerapan
pendidikan berkualitas. Pada bab ini disajikan artikel mengenai
ix