Page 187 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 187

Simpulan








                  Tidak  ada  keraguan  bahwa kegiatan  tutorial              Mendefinisikan  kembali  peran  tutor  sangat             175
                                                                                                                                        175
                  melalui bimbingan tutor merupakan  pengalaman               penting dilakukan agar setiap orang  yang
                  belajar  yang sangat berharga dirasakan oleh                berkepentingan dalam memberikan bantuan
                  mahasiswa       sebagai      struktur    pendukung          belajar mempunyai konsep dan persepsi  yang

                  pembelajaran  yang berguna selama mereka                    sama. Tidak hanya tutor dan mahasiswa, institusi
                  menempuh pembelajaran di UT.  Walaupun                      pengelola juga perlu  memiliki pemahaman yang
                  masih ditemukan tutor yang belum memuaskan                  sama tentang apa yang seharusnya diperankan

                  mahasiswa dalam pembelajarannya,  misalnya                  oleh seseorang ketika menjadi tutor dalam
                  tutor belum menguasai materi, terlalu banyak                proses pendidikan dengan sistem belajar jarak
                  memberi  tugas,  atau  sering  memberi  contoh              jauh. Semua pihak  yang berkepentingan perlu
                  yang tidak relevan, namun lebih banyak                      memiliki konsep yang sama tentang peran tutor
                  mahasiswa  yang merasa bahwa tutor  TTM                     agar setiap UPBJJ-UT dapat merekrut tutor yang

                  telah melaksanakan tugas tutorial dengan baik.              sesuai dengan  yang diharapkan. Mahasiswa
                  Terkait dengan masih adanya tutor yang belum                pendidikan jarak jauh umumnya memiliki harapan
                  memuaskan mahasiswa, maka  yang perlu                       yang tinggi terhadap tutor untuk membantu

                  ditangani UT adalah mempertimbangkan tidak                  dalam memecahkan masalah mempelajari bahan
                  ditugaskannya kembali sebagai tutor dan melatih             ajar dan permasalahan administrasi lainnya. Bagi
                  kembali  tutor  sehingga  tutor  dapat  memiliki            mahasiswa, seorang tutor tidak hanya sebagai
                  pemahaman umum tentang peran dan tugas                      fasilitator namun diharapkan memiliki peran lain,
                  yang harus dilakukan oleh mereka saat kegiatan              misalnya sebagai motivator atau tempat bertanya

                  tutorial.                                                   jika mahasiswa mengalami masalah saat belajar.
   182   183   184   185   186   187   188   189