Page 187 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 187
Simpulan
Tidak ada keraguan bahwa kegiatan tutorial Mendefinisikan kembali peran tutor sangat 175
175
melalui bimbingan tutor merupakan pengalaman penting dilakukan agar setiap orang yang
belajar yang sangat berharga dirasakan oleh berkepentingan dalam memberikan bantuan
mahasiswa sebagai struktur pendukung belajar mempunyai konsep dan persepsi yang
pembelajaran yang berguna selama mereka sama. Tidak hanya tutor dan mahasiswa, institusi
menempuh pembelajaran di UT. Walaupun pengelola juga perlu memiliki pemahaman yang
masih ditemukan tutor yang belum memuaskan sama tentang apa yang seharusnya diperankan
mahasiswa dalam pembelajarannya, misalnya oleh seseorang ketika menjadi tutor dalam
tutor belum menguasai materi, terlalu banyak proses pendidikan dengan sistem belajar jarak
memberi tugas, atau sering memberi contoh jauh. Semua pihak yang berkepentingan perlu
yang tidak relevan, namun lebih banyak memiliki konsep yang sama tentang peran tutor
mahasiswa yang merasa bahwa tutor TTM agar setiap UPBJJ-UT dapat merekrut tutor yang
telah melaksanakan tugas tutorial dengan baik. sesuai dengan yang diharapkan. Mahasiswa
Terkait dengan masih adanya tutor yang belum pendidikan jarak jauh umumnya memiliki harapan
memuaskan mahasiswa, maka yang perlu yang tinggi terhadap tutor untuk membantu
ditangani UT adalah mempertimbangkan tidak dalam memecahkan masalah mempelajari bahan
ditugaskannya kembali sebagai tutor dan melatih ajar dan permasalahan administrasi lainnya. Bagi
kembali tutor sehingga tutor dapat memiliki mahasiswa, seorang tutor tidak hanya sebagai
pemahaman umum tentang peran dan tugas fasilitator namun diharapkan memiliki peran lain,
yang harus dilakukan oleh mereka saat kegiatan misalnya sebagai motivator atau tempat bertanya
tutorial. jika mahasiswa mengalami masalah saat belajar.