Page 185 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 185

Karakteristik Tutor dan Potret Kegiatan Tutorial








                  Mahasiswa dan Bahan Belajar                                 sendiri di rumah. Sebenarnya mahasiswa telah              173
                                                                                                                                        173
                                                                              berusaha membaca modulnya sendiri, namun
                                                                              ternyata ada ada beberapa bagian modul yang
                                                                              belum dimengerti.  Oleh karena itu, mahasiswa

                                                                              melalui tutorial ini mereka sangat berharap
                                                                              mendapat bantuan tutor untuk memahami bagian
                                                                              yang tidak mereka pahami. Alasan ini membuat

                                                                              mahasiswa selalu  berupaya untuk  dapat
                                                                              menghadiri  tutorial.  Manfaat  lain  dari  kehadiran
                                                                              mahasiswa dalam tutorial adalah mereka dapat
                                                                              belajar  dengan  cara mendengarkan  presentasi
                                                                              tutor atau mahasiswa lainnya.

                  Gambar 26. Mahasiswa Membaca Modul  Sambil Memberi
                                   Tanda pada saat TTM.



                  Kegiatan belajar mahasiswa saat belajar sendiri/
                  bersama kelompoknya adalah mempelajari
                  modul cetaknya. Saat membaca modulnya,
                  strategi  belajar  mahasiswa  adalah  menandai
                  bagian-bagian yang dianggap penting atau sukar.

                  Dengan menandai bagian modul yang dibacanya
                  dengan  warna, mahasiswa dapat lebih terarah
                  untuk lebih memahami isi modul cetaknya.

                  Namun begitu, beberapa mahasiswa hadir ke
                  tempat tutorial tanpa persiapan apapun dalam
                  pengertian belum membaca modul. Menurutnya,
                  hal ini terjadi karena ia merasa sulit untuk belajar        Gambar 27. Mahasiswa Bersama Kelompoknya Membaca

                                                                                         Modul melalui Ruang Baca Virtual
   180   181   182   183   184   185   186   187   188   189