Page 185 - 35 Tahun Universitas Terbuka: Potret Tutor UT
P. 185
Karakteristik Tutor dan Potret Kegiatan Tutorial
Mahasiswa dan Bahan Belajar sendiri di rumah. Sebenarnya mahasiswa telah 173
173
berusaha membaca modulnya sendiri, namun
ternyata ada ada beberapa bagian modul yang
belum dimengerti. Oleh karena itu, mahasiswa
melalui tutorial ini mereka sangat berharap
mendapat bantuan tutor untuk memahami bagian
yang tidak mereka pahami. Alasan ini membuat
mahasiswa selalu berupaya untuk dapat
menghadiri tutorial. Manfaat lain dari kehadiran
mahasiswa dalam tutorial adalah mereka dapat
belajar dengan cara mendengarkan presentasi
tutor atau mahasiswa lainnya.
Gambar 26. Mahasiswa Membaca Modul Sambil Memberi
Tanda pada saat TTM.
Kegiatan belajar mahasiswa saat belajar sendiri/
bersama kelompoknya adalah mempelajari
modul cetaknya. Saat membaca modulnya,
strategi belajar mahasiswa adalah menandai
bagian-bagian yang dianggap penting atau sukar.
Dengan menandai bagian modul yang dibacanya
dengan warna, mahasiswa dapat lebih terarah
untuk lebih memahami isi modul cetaknya.
Namun begitu, beberapa mahasiswa hadir ke
tempat tutorial tanpa persiapan apapun dalam
pengertian belum membaca modul. Menurutnya,
hal ini terjadi karena ia merasa sulit untuk belajar Gambar 27. Mahasiswa Bersama Kelompoknya Membaca
Modul melalui Ruang Baca Virtual