Page 16 - 34 Tahun Universitas Terbuka: Cyber University Untuk Negeri
P. 16

UT Membangun Karakter Mandiri Bangsa untuk Melestarikan Bumi









               14     Sumber pembelajaran berkualitas yang dapat                  Revolusi     Industri    generasi     keempat      ini
                      diakses oleh siapa saja secara bebas ini mengubah           membutuhkan kompetensi dan kapasitas sumber
                      paradigma pembelajaran di perguruan tinggi dari             daya manusia yang berbeda dengan yang ada
                      knowledge creation and transmission dalam semi-             saat  ini.  Masalah  baru  pun  muncul:  Lulusan
                      isolation space menjadi re-creation and connecting          baru ternyata memiliki kompetensi  obsolete

                      knowledge pada open space. Dalam paradigma                  sementara mereka yang sudah bekerja tiba-tiba
                                                       5
                      baru ini, pembelajaran tidak lagi bertumpu pada             memiliki kompetensi yang sudah tidak relevan
                      keberadaan kelas reguler dan konvensional, tapi             lagi dengan kebutuhan. Mereka memerlukan
                      bisa  secara  blended  yang  mengombinasikan                re-training agar dapat menyesuaikan dengan

                      pertemuan regular di kelas dan  online,   online            kebutuhan pekerjaan yang baru.
                      learning, dan kolaborasi dengan PT lain. Hal ini
                                                                                  Kedua revolusi tersebut, baik di dunia pendidikan
                      memungkinkan  tercapainya  cost  effectiveness
                                                                                  dan industri, melahirkan berbagai inovasi disruptif
                      untuk output yang lebih optimal.
                                                                                  (disruptive innovation), antara lain lahirnya
                      Pada saat yang sama, di luar tembok perguruan               Massive  Open Online  Courses (MOOCs) seperti

                      tinggi, sektor ekonomi dan industri juga                    Coursera, EdX, Udacity, juga berbagai MOOCs
                      mengalami  revolusi  industri  generasi  keempat            network seperti Class Central, AsianMOOCs,
                      yang ditandai dengan lahirnya Internet of Things            dan IndonesiaX. Jaringan tersebut menawarkan
                      (IOT) dan machine learning yang difasilitasi oleh           pembelajaran berbagai mata kuliah secara gratis

                      pengelolaan big data. Revolusi ini memungkinkan             dan sangat relevan dengan kebutuhan industri
                      individualisasi dan masifikasi layanan oleh super           yang berkembang saat ini.
                      computer yang mendorong kompetisi bisnis
                                                                                  MOOCs menjadi salah satu landmark pendidikan
                      semakin ketat. Akibatnya, misalnya, terjadi
                                                                                  abad ke-21 untuk mencapai tujuan  Sustainable
                      penurunan secara signifikan jumlah onsite reseller
                                                                                  Development Goals (SDGs) sebagai instrumen
                      dan onsite services karena digantikan oleh online
                                                                                                                             6
                                                                                  untuk mewujudkan  lifelong learning. UT tentu
                      business  and  services. Lanskap bisnis berubah
                                                                                  mengembangkannya pula. Namun  MOOCs
                      drastis.
                                                                                  bukan satu-satunya.



                             5  Lihat Nancy W. Gleason ed. (2018) Higher Education in the Era of the Forth Industrial Revolution, Forward. Singapore: Palgrave
                             Macmilan
                              6  Lihat Goals keempat SDGs, https://sustainabledevelopment.un.org/sdgs








       Buku Dies 34__MASTER.indd   14                                                                                                       27/08/2018   08.38.57
   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21