Page 16 - 34 Tahun Universitas Terbuka: Cyber University Untuk Negeri
P. 16
UT Membangun Karakter Mandiri Bangsa untuk Melestarikan Bumi
14 Sumber pembelajaran berkualitas yang dapat Revolusi Industri generasi keempat ini
diakses oleh siapa saja secara bebas ini mengubah membutuhkan kompetensi dan kapasitas sumber
paradigma pembelajaran di perguruan tinggi dari daya manusia yang berbeda dengan yang ada
knowledge creation and transmission dalam semi- saat ini. Masalah baru pun muncul: Lulusan
isolation space menjadi re-creation and connecting baru ternyata memiliki kompetensi obsolete
knowledge pada open space. Dalam paradigma sementara mereka yang sudah bekerja tiba-tiba
5
baru ini, pembelajaran tidak lagi bertumpu pada memiliki kompetensi yang sudah tidak relevan
keberadaan kelas reguler dan konvensional, tapi lagi dengan kebutuhan. Mereka memerlukan
bisa secara blended yang mengombinasikan re-training agar dapat menyesuaikan dengan
pertemuan regular di kelas dan online, online kebutuhan pekerjaan yang baru.
learning, dan kolaborasi dengan PT lain. Hal ini
Kedua revolusi tersebut, baik di dunia pendidikan
memungkinkan tercapainya cost effectiveness
dan industri, melahirkan berbagai inovasi disruptif
untuk output yang lebih optimal.
(disruptive innovation), antara lain lahirnya
Pada saat yang sama, di luar tembok perguruan Massive Open Online Courses (MOOCs) seperti
tinggi, sektor ekonomi dan industri juga Coursera, EdX, Udacity, juga berbagai MOOCs
mengalami revolusi industri generasi keempat network seperti Class Central, AsianMOOCs,
yang ditandai dengan lahirnya Internet of Things dan IndonesiaX. Jaringan tersebut menawarkan
(IOT) dan machine learning yang difasilitasi oleh pembelajaran berbagai mata kuliah secara gratis
pengelolaan big data. Revolusi ini memungkinkan dan sangat relevan dengan kebutuhan industri
individualisasi dan masifikasi layanan oleh super yang berkembang saat ini.
computer yang mendorong kompetisi bisnis
MOOCs menjadi salah satu landmark pendidikan
semakin ketat. Akibatnya, misalnya, terjadi
abad ke-21 untuk mencapai tujuan Sustainable
penurunan secara signifikan jumlah onsite reseller
Development Goals (SDGs) sebagai instrumen
dan onsite services karena digantikan oleh online
6
untuk mewujudkan lifelong learning. UT tentu
business and services. Lanskap bisnis berubah
mengembangkannya pula. Namun MOOCs
drastis.
bukan satu-satunya.
5 Lihat Nancy W. Gleason ed. (2018) Higher Education in the Era of the Forth Industrial Revolution, Forward. Singapore: Palgrave
Macmilan
6 Lihat Goals keempat SDGs, https://sustainabledevelopment.un.org/sdgs
Buku Dies 34__MASTER.indd 14 27/08/2018 08.38.57