Page 15 - 34 Tahun Universitas Terbuka: Cyber University Untuk Negeri
P. 15

Prolog






                    S                                                             dasawarsa terakhir yang didorong oleh kemajuan            13
                        Sejak berdiri pada 1984, berbekal inovasi

                      instruksional dan teknologi informasi dan
                      komunikasi, UT telah mendorong terjadinya                   TIK dan juga sebaliknya.
                                                                                  Perkembangan TIK yang sangat pesat diawali
                      transformasi     pendidikan      dan    transformasi
                                                                                  pada abad ke-21 melalui lahirnya  Internet
                      sosial. UT dapat mewujudkan amanat konstitusi,
                                                                                  dan  world wide web (www).  Kedua  teknologi
                      yakni memberikan akses pada pendidikan
                                                                                  ini menjadi   milestone pendidikan abad ke-
                      tinggi berkualitas bagi seluruh masyarakat
                                                                                  21, yang bercirikan  seamless connectivity,
                      Indonesia.  Namun ini saja belum cukup untuk
                                 2
                                                                                  flexibility dan  openness. Akses terhadap ilmu
                      secara berkelanjutan menjamin prinsip  equity
                                                                                  pengetahuan menjadi semakin mudah dan untuk
                      bagi seluruh masyarakat, sehingga diperlukan
                                                                                  mengekploitasi  manfaatnya  sebesar-besarnya,
                      reformasi “akses-akses lainnya”, khususnya
                                                                                  pada  2012, UNESCO  mendeklarasikan  gerakan
                      stakeholder pendidikan tinggi dari dunia industri,
                                                                                                                               3
                                                                                  open educational resources (OER) di Paris.
                      pemerintah, dan masyarakat, untuk berkontribusi
                                                                                  Hanya dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun,
                      memberikan dukungan dalam meningkatkan
                                                                                  jutaan OER dikembangkan oleh berbagai
                      kualitas sumber daya manusia Indonesia.
                                                                                  perguruan tinggi dan institusi di dunia.  Berbagai
                                                                                                                             4
                      Dalam dunia pendidikan terbuka dan jarak jauh,
                                                                                  perguruan tinggi, khususnya  Open University,
                      hubungan inovasi instruksional dan pedagogi
                                                                                  menjadi  frontier advokasi gerakan  tersebut.
                      dengan  kemajuan  teknologi  informasi  dan
                                                                                  Hingga saat ini telah bergabung hampir 900
                      komunikasi (TIK) seperti “dua sisi keping uang
                                                                                  institusi  dalam  OER  network  yang  dikelola  oleh
                      logam”.  Tidak  bisa  saling  dilepaskan  dan  justru
                                                                                  UNESCO. Universitas Terbuka (UT) menjadi salah
                      saling mempengaruhi. Hal ini ditunjukkan dengan
                                                                                  satu anggota aktifnya.
                      berkembang pesatnya instructional design pada











                         2    Lihat Pasal 33 Undang Undang Dasar 1945.
                         3    Pada tahun 2012 melalui pertemuan dunia UNESCO mendeklarasikan 10 butir kesepakatn bersama dunia untuk mendorong
                           Open educational Resources (OER)  http://www.unesco.org/new/en/communication-and-information/access-to-knowledge/
                           open-educational-resources/what-is-the-paris-oer-declaration
                         4    OECD. Centre for Educational Research and Innovation (CERI) Governing Board (2013). Researching the Evidence Base on OER.
                           Project outline, 16-17 April 2013. Paris: Directorate of Education, OECD







       Buku Dies 34__MASTER.indd   13                                                                                                       27/08/2018   08.38.57
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20