Page 15 - 34 Tahun Universitas Terbuka: Cyber University Untuk Negeri
P. 15
Prolog
S dasawarsa terakhir yang didorong oleh kemajuan 13
Sejak berdiri pada 1984, berbekal inovasi
instruksional dan teknologi informasi dan
komunikasi, UT telah mendorong terjadinya TIK dan juga sebaliknya.
Perkembangan TIK yang sangat pesat diawali
transformasi pendidikan dan transformasi
pada abad ke-21 melalui lahirnya Internet
sosial. UT dapat mewujudkan amanat konstitusi,
dan world wide web (www). Kedua teknologi
yakni memberikan akses pada pendidikan
ini menjadi milestone pendidikan abad ke-
tinggi berkualitas bagi seluruh masyarakat
21, yang bercirikan seamless connectivity,
Indonesia. Namun ini saja belum cukup untuk
2
flexibility dan openness. Akses terhadap ilmu
secara berkelanjutan menjamin prinsip equity
pengetahuan menjadi semakin mudah dan untuk
bagi seluruh masyarakat, sehingga diperlukan
mengekploitasi manfaatnya sebesar-besarnya,
reformasi “akses-akses lainnya”, khususnya
pada 2012, UNESCO mendeklarasikan gerakan
stakeholder pendidikan tinggi dari dunia industri,
3
open educational resources (OER) di Paris.
pemerintah, dan masyarakat, untuk berkontribusi
Hanya dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun,
memberikan dukungan dalam meningkatkan
jutaan OER dikembangkan oleh berbagai
kualitas sumber daya manusia Indonesia.
perguruan tinggi dan institusi di dunia. Berbagai
4
Dalam dunia pendidikan terbuka dan jarak jauh,
perguruan tinggi, khususnya Open University,
hubungan inovasi instruksional dan pedagogi
menjadi frontier advokasi gerakan tersebut.
dengan kemajuan teknologi informasi dan
Hingga saat ini telah bergabung hampir 900
komunikasi (TIK) seperti “dua sisi keping uang
institusi dalam OER network yang dikelola oleh
logam”. Tidak bisa saling dilepaskan dan justru
UNESCO. Universitas Terbuka (UT) menjadi salah
saling mempengaruhi. Hal ini ditunjukkan dengan
satu anggota aktifnya.
berkembang pesatnya instructional design pada
2 Lihat Pasal 33 Undang Undang Dasar 1945.
3 Pada tahun 2012 melalui pertemuan dunia UNESCO mendeklarasikan 10 butir kesepakatn bersama dunia untuk mendorong
Open educational Resources (OER) http://www.unesco.org/new/en/communication-and-information/access-to-knowledge/
open-educational-resources/what-is-the-paris-oer-declaration
4 OECD. Centre for Educational Research and Innovation (CERI) Governing Board (2013). Researching the Evidence Base on OER.
Project outline, 16-17 April 2013. Paris: Directorate of Education, OECD
Buku Dies 34__MASTER.indd 13 27/08/2018 08.38.57