Page 80 - Media Komunikasi dan Informasi Dalam Pendidikan Jarak Jauh
P. 80

72                   MEDIA  KOMUNIKASI  DAN  IN'-ORMASI  DALAM  PT.......












                              •	   relevansi;
                              •	   cakupan isi buku; serta
                              •	   kesesuaian isi dengan topik bahasan yang telah ditentukan dalam GBPP.

                                 Sedangkan faktor fisik yang perlu diperhatikan antara lain adalah:
                              •	   penampilan buku;
                              •	   reputasi buku;
                              •	   harga; dan
                              •	   ketersediaan.

                                 Untuk memperoleh buku yang terbaik, pengembang harus mencari buku
                              teks serupa untuk diperbandingkan.  Dengan demikian buku teks yang dipilih
                              sebagai materi utama dalam proses pembelajaran adalah buku teks terbaik.
                                 Pemanfaatan  buku  teks  dalam  PH  tidak  dapat  digunakan  begitu  saja,
                              pengembang  harus  menyusun  buku  panduan  yang  dijadikan  acuan  dalam
                              menggunakan buku teks tersebut. Buku panduan belajar yang akan menyertai
                             'buku  teks  pada  dasarnya  bertujuan  untuk  memberikan  bimbingan  kepada
                              peserta didik dalam  mempelajari  buku teks yang telah dipilih sebagai  bahan
                              ajar.  Secara umum buku panduan belajar  berisi 3 halutama yaitu :
                              •	   penjelasan  mata  pelajaran  berisi  uraian  singkat  tentang  materi  mata
                                 kuliah, keterkaitan antar topik dan tujuan instruksion,al mata kuliah;
                              •	   petunjuk belajar,  berisi tahapan yang harus dilakukan oleh peserta didik
                                 dalam  mempelajari  paket  bahan  ajar  (buku  teks  dan  media  lain)  untuk
                                 mendapatkan hasH belajar yang optimal;
                              •	   buku  kerja,  berisi  latihan,  studi  kasus,  simulasi  yang  dilakukan
                                 mahasiswa untuk membantu pemahaman terhadap materi ajar.


                                 Pengembangan  bahan  ajar  baru  dapat  dilakukan  dengan  beberapa  pola
                              pendekatan,  setidaknya ada dua pola  pendekatan  seperti  yang dikemukakan
                              oleh  Moore  &  Kearsley  (1996)  yaitu  pola  penulis  - editor  dan  tim
                              pengembang bahan ajar.


                              a.	  Pendekatan penulis - editor
                                 Pada  dasarnya  pendekatan  pengembangan  bahan  ajar  melibatkan  dua
                                 orang yaitu  penulis  dan  editor.  Penulis  diasumsikan  berfungsi  sebagai
                                 ahli  materi  keilmuan,  ahli  desain  instruksional,  ahli  media  dan  ahli
   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85