Page 80 - Media Komunikasi dan Informasi Dalam Pendidikan Jarak Jauh
P. 80
72 MEDIA KOMUNIKASI DAN IN'-ORMASI DALAM PT.......
• relevansi;
• cakupan isi buku; serta
• kesesuaian isi dengan topik bahasan yang telah ditentukan dalam GBPP.
Sedangkan faktor fisik yang perlu diperhatikan antara lain adalah:
• penampilan buku;
• reputasi buku;
• harga; dan
• ketersediaan.
Untuk memperoleh buku yang terbaik, pengembang harus mencari buku
teks serupa untuk diperbandingkan. Dengan demikian buku teks yang dipilih
sebagai materi utama dalam proses pembelajaran adalah buku teks terbaik.
Pemanfaatan buku teks dalam PH tidak dapat digunakan begitu saja,
pengembang harus menyusun buku panduan yang dijadikan acuan dalam
menggunakan buku teks tersebut. Buku panduan belajar yang akan menyertai
'buku teks pada dasarnya bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada
peserta didik dalam mempelajari buku teks yang telah dipilih sebagai bahan
ajar. Secara umum buku panduan belajar berisi 3 halutama yaitu :
• penjelasan mata pelajaran berisi uraian singkat tentang materi mata
kuliah, keterkaitan antar topik dan tujuan instruksion,al mata kuliah;
• petunjuk belajar, berisi tahapan yang harus dilakukan oleh peserta didik
dalam mempelajari paket bahan ajar (buku teks dan media lain) untuk
mendapatkan hasH belajar yang optimal;
• buku kerja, berisi latihan, studi kasus, simulasi yang dilakukan
mahasiswa untuk membantu pemahaman terhadap materi ajar.
Pengembangan bahan ajar baru dapat dilakukan dengan beberapa pola
pendekatan, setidaknya ada dua pola pendekatan seperti yang dikemukakan
oleh Moore & Kearsley (1996) yaitu pola penulis - editor dan tim
pengembang bahan ajar.
a. Pendekatan penulis - editor
Pada dasarnya pendekatan pengembangan bahan ajar melibatkan dua
orang yaitu penulis dan editor. Penulis diasumsikan berfungsi sebagai
ahli materi keilmuan, ahli desain instruksional, ahli media dan ahli