Page 79 - Media Komunikasi dan Informasi Dalam Pendidikan Jarak Jauh
P. 79
.DEW,PAOMC 71
materi yang disajikan dapat dipelajari t1engan mudah dan tentunya harus
lebih berbobot serta menarik.
c. Kompilasi
Sementara pengembangan bahan ajar cetak dengan cara kompilasi,
pengembang harus mengumpulkan berbagai sumber belajar dan kemudian
memilih bagian-bagian tertentu dari buku teks" artikel, atau informasi lain
yang kemudian akan di kompilasi. Tentu saja pengumpulan materi belajar
dari berbagai sumber ini harus saling melengkapi untuk pencapaian tujuan
belajar yang telah dituangkan dalam GBPP. Pengemasan materi-materi
tersebut tentunya harus dilengkapi dengan panduan penggunaannya, sehingga
memudahkan peserta didik untuk mempelajari materi yang dikemas sebagai
paket bahan ajar. Selain mengembangkan panduan untuk penggunaan bahan
kompilasi, pengemasan materi-materi yang dipilih perlu dilakukan dengan
teknik penyajian tertentu. Hal mendasar yang perlu menjadi perhatian bagi
pengembang bila menggunakan cara ini adalah masalah hak cipta.
Pengambilan sebagian unit atau bahasan dari sebuah buku teks, artikel atau
tulisan lain, untuk dijadikan bagian dari satu paket bahan ajar yang utuh
haruslah melalui proses izin kepada pengarang, penerbit atau penulis karena
ini menyangkut hak cipta penerbitan serta hak cipta keilmuan. Adalah sangat
tidak etis dan menyalahi hukum bila masalah perizinan dan hak cipta ini
diabaikan.
d. Buku Teks
Model pengembangan bahan ajar yang dikemas dalam media cetak lain
yang juga dapat digunakan dalam penyelenggaraan sistem PJJ adalah dengan
cara menggunakan buku teks yang sudah ada di pasaran. Cara ini m~rupakan
cara yang paling mudah dan waktu yang dibutuhkan untuk persiapan pun
tidak lama. Prasyarat yang harus dilakukan untuk memanfaatkan buku teks
sebagai paket bahan ajar dalam PJJ adalah penyusunan GBPP. GBPP ini
mutlak sebagai acuan pemilihan buku teks yang akan digunakan.
Pengembang tidak dapat menggunakan buku teks begitu saja, tetapi harus
melihat apakah buku teks tersebut memuat materi-materi yang dibutuhkan
untuk pencapaian kompetensi atau tujuan tertentu. Dalam pemilihan buku
teks ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yaitu faktor isi/materi
buku dan faktor fisik buku.